Pj Gubernur Sulbar Kunjungi Budidaya Udang Vaname di Pasangkayu

10 July 2024 11:53
Pj Gubernur Sulbar Kunjungi Budidaya Udang Vaname di Pasangkayu
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Bahtiar Baharuddin kunjungan kerja (kunker) dengan beberapa agenda di wilayah Kabupaten Pasangkayu, Selasa (9/7/2024).

 

Salah satu agenda Pj Gubernur Sulbar bersama rombongan di tambak budidaya udang vaname milik PT Randomayang Tambak Lestari di Desa Randomayang, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu.

 

Pj Bahtiar Baharuddin menyampaikan, selaku Gubernur Sulbar sangat berterima kasih dengan keberadaan perusahaan PT Randomayang Tambak Lestari yang dapat mencerahkan warga masyarakat Pasangkayu.

 

“Dalam pengelohan udang maupun ikan, intinya itu adalah air. Jadi pasal satunya itu adalah air (tambak) harus steril,” papar Bahtiar.

 

Menurutnya, pengolahan udang sistem intensif jauh lebih meningkat dibandingkan pengolahan empang (tambak tradisional), hal ini dikarenakan empang itu tidak memiliki pembatasan beton, jadi air dari samping (pematang tanah) itu akan mudah masuk (menyerap) dan menyebabkan bibit ikan banyak yang mati.

 

“Empang juga sumber airnya itu sembarangan, seperti dari sungai-sungai yang tidak jelas sumber airnya. Maka sumber air yang terbaik itu ada di laut atau sumber air yang mengalir,” tuturnya.

 

Pj Bahtiar mengungkapkan, teknologi terbaru sekarang itu menggunakan sinar ultraviolet atau sama dengan teknologi yang membuat bahan infus, dan itu sama-sama dari air juga yang dikelola sterilisasi.

 

“Jadi bagaimana memastikan air dari tanggal 1 atau hari pertama dimasukkan bibit sampai panen kondisi airnya tetap sama. Maka dari itu sekarang di PT Bomar Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan mulai dikembangkan metode sistem bioflok, tujuannya untuk menjaga sterilisasi air,” ungkapnya.(Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya