Tekan Inflasi di Pasangkayu, Pj Gubernur Sulbar Membuka Acara Gerakan Pangan Murah

10 July 2024 12:00
Tekan Inflasi di Pasangkayu, Pj Gubernur Sulbar Membuka Acara Gerakan Pangan Murah
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Agenda terakhir kunjungan kerja (kunker) Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin membuka acara, ‘gerakan pangan nurah dengan tema, sinergi bersama untuk stabilitas pasokan dan harga pangan’.

 

Kegiatan tersebut diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan bersama Ibu PKK di Desa Makmur Jaya, Kecamatan Tikke Raya, Kabupaten Pasangkayu, Selasa (9/7/2024).

 

Pj Bahtiar menyampaikan, gerakan pangan murah ini dilaksanakan untuk mengendalikan inflasi dan memastikan warga masyarakat mendapatkan harga yang cukup terjangkau terutama kebutuhan pokok.

 

“Gerakan pangan murah ini merupakan bagian dari cara kita untuk memastikan seluruh bahan pokok yang menjadi kebutuhan masyarakat Sulbar khususnya di Kabupaten Pasangkayu cukup mencukupi, itu intinya,” paparnya.

 

Ia menjelaskan, sebelumnya kita di angka 2 dan 3 sampai 1 Juni kemarin, dimana rasionalnya dua setengah, dan makna angka ini terlalu rendah, juga bahaya, namun 2, 3 ini adalah angka terbaik, ini yang harus kita jaga.

 

“Metode yang kita gunakan itu adalah operasi pasar dan gerakan pangan murah. Ini adalah cara dari sekian banyak cara untuk mengelola inflasi di daerah,” jelasnya.

 

Lanjut Bahtiar, inflasi ini sebenarnya adalah soal ketersediaan 21 bahan pokok, kalau dulu namanya sembilan  bahan pokok (sembako) dan sekarang menjadi 21 jenis bahan pokok yang mempengaruhi inflasi.

 

“Jadi tugas kami sebagai kepala daerah dan TNI/Polri serta Kejaksaan serta seluruh pejabat penyelenggara negara memastikan seluruh bahan pokok ini mencukupi,” tambahnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya