Berkunjung Ke Pasangkayu, Pj Gubernur Sulbar Tanam Pohon Sukun di Halaman Kantor Bupati

10 July 2024 11:56
Berkunjung Ke Pasangkayu, Pj Gubernur Sulbar Tanam Pohon Sukun di Halaman Kantor Bupati
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Salah satu agenda kunjungan kerja (kunker) Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin bersama rombongan melaksanakan penanaman bibit pohon sukun di halaman kantor Bupati Pasangkayu, Selasa (9/7/2024).

 

Pj Bahtiar mengatakan, indeks rasio bencana di Indonesia khususnya Sulawesi Barat termasuk kategori daerah yang memiliki resiko sangat tinggi, baik itu ancaman bencana banjir maupun tanah longsor.

 

“Ini disebabkan karena memang secara kultur tanah kita (Sulbar) memang berbukit dan gunung-gunung. Oleh karenanya, alam ini harus kita jaga dan kita rawat,” kata Bahtiar.

 

Menurutnya, merawat itu bukan hanya dengan pohon yang berdaun hijau, akan tetapi harus dengan pohon yang menghasilkan sumber gizi dan menambah sumber ekonomi masyarakat serta mudah tumbuh dalam kondisi tanah apapun, mulai dari 0 derajat sampai kemiringan apapun, dan pohon yang dimiliki oleh tanah Sulawesi yang tumbuh secara endemik adalah pohon sukun.

 

“Pohon sukun ini termasuk jenis tanaman hutan yang multifungsi dan buahnya itu kelas premium secara farmasi,” tuturnya.

 

Dirinya menyampaikan, hari ini bersama tim provinsi berada di Kabupaten Pasangkayu dalam rangka penanaman pohon sukun.

 

“Ini pohon sukun hendak saya jadikan komoditi tambahan di Sulbar,” paparnya.

 

Oleh karenanya, Bahtiar menyatakan, harus dipastikan komoditi ini menjadi komoditi nasional kita (Sulbar), atau komoditi terbaik yang Indonesia miliki.

 

“Harapan masyarakat begitu sangat tinggi, tetapi kita harus akui bahwa di usia Sulbar ke 20 tahun ini, kemajuannya harus lebih cepat lagi,” imbuhnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya