Kabinda Sulawesi Barat Terus Salurkan Bantuan Bagi Korban Gempa Mamuju dan Majene

27 January 2021 00:32
Kabinda Sulawesi Barat Terus Salurkan Bantuan Bagi Korban Gempa Mamuju dan Majene
Kabinda Sulbar, Bagus SN menyerahkan bantuan di beberapa tempat pengungsi di Kabupaten Mamuju dan Majene. (Andi Divo/Trans89.com)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Pasca bencana gempa magnitudo 6,2 Sulawesi Barat (Sulbar) yang terjadi pada Jumat 15 Januari 2021 pukul 02.28 WITA dini hari, meluluhlantahkan bangunan gedung pemerintah dan rumah serta menyisahkan pilu bagi para pengungsi korban gempa warga Kabupaten Mamuju dan Majene.

Banyak warga mengungsi ke posko-posko pengungsian yang dibangun pemerintah dan relawan, serta tak sedikit juga warga Kabupaten Mamuju dan Majene meninggalkan daerahnya untuk mencari tempat aman di berbagai daerah.

Berdasarkan pencatatan Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) data hingga saat ini, jumlah korban meninggal dunia mencapai 91 orang, Kamis 21 Januari pukul 09.00 Wita. Sementara jumlah pengungsi yang tersebar di berbagai titik di Kabupaten Majene 2.655 orang dan Kabupaten Mamuju 7.256 orang.

Hingga saat ini bantuan terus berdatangan ke wilayah Kabupaten Majene dan Mamuju, baik dibawah langsung oleh instansi pemerintah dan swasta serta relawan untuk didistribusikan ke posko-posko pengsungsi maupun melalui instansi pemerintah atau relawan.

Kepala Badan Intelijen Negara (Kabinda) Sulbar, Bagus SN kembali menyerahkan bantuan di beberapa tempat pengungsi di Dusun Lombang, Desa Lombang, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene.

Selain itu, Kabinda beserta jajarannya juga menyalurkan bantuan logistik ke Dusun Serang, Desa Taan, Dusun Rano, Kelurahan Dayangina, Kecamatan Tapalang, dan Pulau Karampuang, Kecamatan Mamunyu, Kabupaten Mamuju.

“Badan Intelijen Negara (BIN) turut prihatin dan berduka cita atas terjadinya bencana gempa bumi yang melanda Mamuju dan Majene,” kata Bagus di Mamuju, Selasa (26/1/2021).

Menurut dia, Binda Sulbar akan terus membantu meringankan beban masyarakat khususnya di wilayah yang sangat membutuhkan bantuan.

“Hal tersebut merupakan wujud komitmen Binda Sulbar dalam menjaga dan melindungi wilayah Provinsi Sulawesi Barat,” tutur Bagus.

Lanjut Bagus, bantuan yang disalurkan Binda Sulbar kepada masyarakat terdampak gempa di Kabupaten Mamuju dan Majene 1 ton beras, 1.080 kaleng ikan sarden, 200 kaleng susu skm, 50 dus mie instan, 250 pak biskuit, 40 dus air mineral, dan 8 dus popok bayi.

Sebelumnya Binda Sulbar juga telah menyerahkan bantuan ke masyarakat Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene. Adanya bantuan dari BIN ini semoga bisa meringankan beban masyarakat yang terkena bencana gempa,” sambungnya. (Divo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya