Peringati HPSN Melalui Program Astra Cerdas dan Astra Hijau, Tim CSR PT Pasangkayu Mengolah Sampah Bersama Anak Suku Bunggu

23 February 2024 03:58
Peringati HPSN Melalui Program Astra Cerdas dan Astra Hijau, Tim CSR PT Pasangkayu Mengolah Sampah Bersama Anak Suku Bunggu
Peringatan HPSN digelar PT Pasangkayu laksanakan kegiatan Bimbel kepada anak-anak Suku Bunggu di Bantaya Dusun Saluraya, Desa Gunungsari, Kecamatan Pasangkayu, Sulawesi Barat. (Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – PT Pasangkayu merupakan anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) Group bergerak di industri perkebunan kelapa sawit peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024.

Peringatan HPSN digelar PT Pasangkayu dengan melaksanakan kegiatan bimbingan belajar (Bimbel) kepada anak-anak Suku Bunggu di Bantaya Dusun Saluraya, Desa Gunungsari, Kecamatan Pasangkayu, Sulawesi Barat.

 

Asisten CSR PT Pasangkayu, Kartina mengatakan, tema Bimbel kali ini terkait HPNS merupakan salah satu bentuk program CSR (corporate social responsibility) PT Pasangkayu dalam bidang Pendidikan terintegrasi dengan lingkungan, dan bimbel ini berjalan setiap tahunnya.

 

“Tim CSR PT Pasangkayu terdiri dari para guru lingkup PT Pasangkayu, mulai guru TK, SD dan SMP hadir memberikan bimbingan kepada anak-anak warga Dusun Saluraya merupakan anak dari Suku Bunggu,” kata Kartina dalam keterangannya.

 

Sementara Administratur (ADM) PT Pasangkayu, Gunawan mensupport kegiatan ini berharap memperingati HPSN dengan adanya kegiatan anak-anak semakin antusias dalam menjaga lingkungan sekitar dan belajar serta mendapatkan hal-hal yang baru.

 

“Bimbel anak-anak Suku Bunggu antusias dan gembira dengan adanya guru-guru yang datang memberikan pembelajaran,” terang Gunawan.

 

Menurutnya, materi Bimbel diberikan yaitu pembelajaran berdeferensiasi yakni ice breaker (merupakan game sebagai pemecah situasi kebekuan fikiran atau fisik anak-anak), bernyanyi, membentuk kelompok belajar.

 

“Bimbel dilanjutkan dengan belajar mengenal huruf, angka, belajar membaca dan berhitung dengan menggunakan metode gasing,” tutur Gunawan.

 

Selain itu, kata Gunawan, anak-anak Suku Bunggu juga diajarkan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan mengelolah sampah yang dapat dijadikan suatu kerajinan yakni ecobrik.

 

“Ecobrik merupakan proses dimana sampah-sampah plastik dimasukkan kedalam botol bekas, dan anak-anak antusias mencari sampah plastik dilingkungan sekitarnya,” katanya.

 

Pendeta Kapten Viky turut hadir dan menyaksikan langsung kegiatan Bimbel dilaksana Tim CSR PT Pasangkayu kepada anak-anak Saluraya.

 

“Saya ucapkan terima kasih kepada perusahaan karena peduli terhadap pendidikan anak-anak Dusun Saluraya,” terangnya.

 

Mewakili orang tua anak-anak, Kepala Dusun (Kadus) Saluraya, Markus turut mendukung kegiatan Bimbel kepada anak-anak Suku Bunggu.

 

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, apalagi untuk anak-anak kami yang sangat membutuhkan bimbingan dalam mengenal lingkungan yang bersih dan sehat,” ujarnya.

 

Ia juga ucapkan terima kasih atas program CSR bidang pendidikan PT Pasangkayu yang salalu peduli terhadap kami masyarakat Suku Bunggu dengan memberikan pendidikan kepada anak-anak kami di Dusun Saluraya.

 

“Anak-anak kami dapat mengenal ilmu pengetahuan dengan bisa belajar mengelola sampah selain bisa membaca, berhitung dan lain-lain, juga guru-gurunya hebat,” ucap Markus.

 

Terpisah Community Development Officer (CDO) PT Pasangkayu, Juanda Syahputra menyampaikan, tujuan Bimbel ini untuk memberikan pengetahuan belajar kepada anak usia dini demi tercapainya pendidikan dimasa akan datang.

 

Lanjut Juanda, semoga selalu menjalin serta mempererat silaturrahmi antara perusahaan dengan warga sekitar khususnya warga Suku Bunggu Dusun Saluraya dan berlanjut setiap tahunnya.

 

“Ini merupakan salah satu tanggungjawab sosial perusahaan melalui program CSR Astra Cerdas bidang pendidikan dan Astra Hijau bidang lingkungan,” imbuhnya. (Nis)

 

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya