PT Letawa Bersinergi Petani Lakukan Perbaikan Infrastruktur Jalan

22 Sep 2024 20:52
Author: redaksi

DONGGALA, TRANS89.COM – Untuk menunjang produktifitas hasil perkebunan kelapa sawit  warga, PT Letawa merupakan anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) lakukan perbaikan infrastruktur jalan di Desa Rio Mukti, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Perbaikan infrastruktur jalan tersebut, PT Letawa bekerjasama dengan warga merupakan mitra perusahaan dengan bergotong royong pada Sabtu, 21 September tahun 2024.

 

Perbaikan infrastruktur jalan tani sepanjang 7.000 meter itu merupakan mitra PT Letawa dengan mengerahkan 2 (dua) unit alat berat berupa motorgreder dan bomaq.

 

Nampak hadir di kegiatan itu Kepala Desa Rio Mukti Idris Lambang beserta jajarannya, para mitra tani PT Astra Agro Lestari, dan pihak perusahan dari kemitraan PT Letawa Erik W Jayadipraja, Usman C, para supervisi kemitraan dan departemen teknik.

 

Erik W Jayadipraja mengatakan, dengan perawatan jalan yang rutin, akan menunjang perekonomian dan kelancaran tranportasi petani menuju pabrik kelapa sawit (PKS) PT Letawa.

 

“Kegiatan ini juga selalu menjaga hubungan yang harmonis antara PT Letawa dengan masyarakat di Lalundu 4, Desa Rio Mukti,” kata Erik dalam keterangannya, Minggu (22/9/2024).

 

Menurutnya, jalan ini biasanya menghubungkan antara lahan perkebunan dengan jalan raya utama dan memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas perkebunan, mempermudah transportasi hasil perkebunan dan aksesibilitas ke lahan perkebunan.

 

“Dengan perbaikan infrastruktur jalan ini, akan meningkatkan kesejahteraan petani khususnya warga Desa Rio Mukti,” tutur Erik.

 

Sementara Idris Lambang mengapresiasi atas perbaikan  jalan tani dan program ini sudah yang kedua kalinya di lakukan di Desa Rio Mukti yang bekerjasama dengan petani mitra PT Letawa.

 

“Saya pribadi dan mewakili masyarakat Desa Rio Mukti    sangat terbantu, karena di setiap tahunnya pasti ada perawatan jalan merupakan akses utama menuju PKS PT Letawa, PT Lestari Tani Teladan (LTT) dan PT Pasangkayu yang keduanya juga merupakan anak perusahaan Astra Agro Lestari,” terangnya.

 

Salah seorang petani perkebunan kelapa sawit, Yasim menjelaskan, dengan perbaikan jalan ini akan memberikan manfaat besar dalam pertumbuhan ekonomi desa kami dan mengurangi kendala yang biasa terjadi pada kendaraan angkutan buah sawit.

 

“Terima kasih atas kerjasama ini sehingga dapat mempercepat akses unit (kendaraan) ke pabrik kelapa sawit  PT Letawa,” jelasnya.

 

Senada anggota kemitraan Bina Bersama Lestari dan juga kepala dusun di Desa Rio Mukti, Ade Suratman sangat senang melihat kerjasama antara perusahaan dan mitra-mitra tani PT Astra Agro Lestari di Desa Rio Mukti.

 

“Terima kasih kepada PT Letawa yang peduli terhadap kondisi jalan yang selama ini menjadi kendala utama para petani,” ucapnya.

 

Terpisah Community Development Officer (CDO) PT Letawa, Agus Setiawan menyampaikan, Astra Agro Lestari selalu berkomitmen untuk menjalin kemitraan yang berkelanjutan dengan petani.

 

Hal ini, kata Agus, merupakan realisasi dari motto Astra Agro Lestari, ‘prosper with the nation atau sejahtera bersama bangsa’.

 

Lanjut Agus, perbaikan infrastruktur jalan ini merupakan salah satu program CSR (corporate social responsibility) dalam memudahkan untuk memobilisasi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit petani.

 

“Dengan perbaikan infrastruktur jalan tani ini, diharapkan dapat mengurangi biaya panen para petani yang biasanya harus menambah biaya angkut hasil panen dikarenakan akses jalan yang rusak,” imbuhnya. (Nis)

Agus SetiawanAstra AgroAstra Agro LestariCDO PT Lestari Tani TeladanDonggalaKelapa SawitPerkebunan Kelapa SawitPerusahaan Perkebunan Kelapa SawitPT LetawaSawit

Berita Terkini