Manejemen PT Mamuang Silaturahmi Keliling Paguyuban Afdeling, Jumali: Sebagai Ajang Silaturahmi

07 March 2020 22:47
Manejemen PT Mamuang Silaturahmi Keliling Paguyuban Afdeling, Jumali: Sebagai Ajang Silaturahmi
Manajemen PT Mamuang di kunjungannya kali ini diadakan di perumahan Afdeling India Dua di Desa Martasari, Kecamatan Pedongga, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Muhammad Tahir Pilo/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Manajemen PT Mamuang bersama Unit Kerja Serikat Pekerja Tingkat Perusahaan (UK SPTP) PT Mamuang lakukan program kerja keliling berkunjung emplasemen (tempat terbuka) di tiap Paguyuban Afdeling setiap Jumat malam diadakan dua minggu sekali atau dua kali sebulan.

Program keliling majenemen PT Mamuang bertujuan menyapa para karyawan dan menghidupkan suasana malam sekaligus menghibur dengan menyertakan alat musik electone.

PT Mamuang merupakan perusahaan perkebunan kelapa sawit merupakan anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) Grup Tbk Area Celebes 1 (C1), dimana manajemen di kunjungannya kali ini adakan acara makan bersama dengan karyawan teknik dan administrasi, di emplasemen perumahan Afdeling India Dua di Desa Martasari, Kecamatan Pedongga, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat (6/3/2020) malam.

Turut hadir dalam acara tersebut, Administratur(ADM) PT Mamuang Jumali, Asisten Kepala (Askep) Zainal Abidin, Sukadi, M Imran, Community Development Officer (CDO) Sanjaya Galbriel Saragih, Kabag HRGA Hanif, Kabag Keuangan Parman, Asisten Afdeling, Supervisi, Karyawan Teknik dan Administrasi serta Persatuan Ibu Karyawan (Periska) PT Mamuang.

Kepala Teknik PT Mamuang, Zainal Abidin berikan penjelasan kepada karyawan yang hadir dalam kegiatan tersebut dengan pentingnya safety dalam pekerjaan sehari-hari di perusahaan PT Mamuang sambil memutarkan video untuk ditonton karyawan yang hadir.

“Safety induction (nduksi keselamatan) kini juga banyak disampaikan dalam format tayangan video, menggunakan alat peraga, atau metode yang cenderung lebih mementingkan visual atau memberikan contoh langsung,” jelas Zainal.

Menurut dia, hak dan kewajiban pekerja terkait keselamatan kesehatan kerja (K3) sesuai peraturan yang berlaku dalam perusahaan, dimana kebijakan dan peraturan umum K3 perusahaan dengan prosedur kerja sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing termasuk alat pelindung diri yang wajib digunakan di lokasi kerja.

“Ha itu agar potensi bahaya dan kecelakaan yang pernah atau mungkin terjadi di lingkungan kerja dan cara mengendalikannya dengan prosedur evakuasi ketika terjadi keadaan darurat,” tutur Zainal.

Dalam tayangan vidio tersebut juga menampilkan gabar-gambar tempat positifnya berbahaya.

Sementara ADM PT Mamuang, Jumali menyampaikan mengenai pentingnya safety di lingkungan kerja dengan resiko kecelakaan tinggi, safety induction menjadi kewajiban, terutama bagi pekerja.

“Safety merupakan kegiatan pengenalan dan pelatihan dasar-dasar keselamatan dan kesehatan di sekitar lingkungan kerja dengan selalu mengacu pada K3,” papar Jumali.

Ia menyebutkan, tujuannyapun luas, mulai dari mengedukasi pekerja tentang prosedur kerja dan peraturan yang berlaku, memberikan pemahaman pentingnya K3 di lingkungan kerja, dan terutama untuk mengomunikasikan potensi-potensi bahaya yang mungkin timbul terhadap keselamatan dan kesehatan selama bekerja.

“Dengan memahami potensi bahaya, harapannya setiap pihak yang mendapat safety induction sadar dan mampu memitigasi atau melakukan tindakan pengendalian bahaya tersebut,” sebut Jumali.

Selain itu, Jumali juga memberikan penekanan kepada seluruh karyawan PT Mamuang yang menggunakan motor roda dua agar selalu menggunakan helm standar nasional Indoensia (SNI).

“Jadi saya imbau ke para karayawan yang menggunakan roda dua untuk selalu menggunakan helm SNI,” pesan Jumali.

Dirinya mengatakan, kegiatan keliling Paguyuban dua kali sebulan ini sebagai ajang silaturahmi dengan karyawan.

“Kegiatan program keliling Paguyuban Afdeling setia dua kali dalam sebulan ini sebagai ajang silaturahmi manejemen dengan karyawan dan menghibur setelah bekerja seharian,” kata Jumali.

Salah seorang karyawan teknik PT Mamuang, Tri Sutrisno mengatakan, dalam setiap kegiatan silaturrahmi, dia selalu menanamkan rasa memiliki terhadap perusahaan dan mengingatkan bahwa pekerjaan yang di lakukan diperusahaan adalah bagian dari ibadah.

“Beliau (Jumali), saya sebut orangnya baik dan bersahaja dalam memimpin. Jadi kami sangat senang sekali dengan kegiatan yang dilakukan manajemen PT Mamuang ini,” kata Tri disela-sela kegiatan.

Dalam kegiatan silaturrahmi dan menghibur karyawan, Ketua UK SPTP PT Mamuang Ubaid Solouty juga bersosialisi tentang disiplin kerja dan penerapan sistem manajemen keselamatan kesehatan kerja (SMK3), dan untuk setiap pekerjaan dengan penggunaan APD dengan menanamkan budaya berdoa sebelum bekerja.

“Melalui Kegiatan Silaturrahmi dan untuk menghibur karyawan mendapat apresisasi dari seluruh karyawan-Karyawati khususnya UK SPTP dapat memberikan konstribusi yang baik terhadap PT Mamuang dan tetap jaya,” ujar Ubaid.

Kegiatan itu sebelumnya diadakan di Afdeling Ekho dan India, dan ke tiga Teknik dan Administrasi, selanjutnya Afdeling Kilo dan lainnya.

ADM PT Mamuang, Jumali juga memberikan doorprize oleh dua karyawan teladan, Ferdinan sebagai driver (sopir) dump truck infrastruktur dan Daniel driver dump crane. (Pilo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya