Seminar Aksionomi Sulampa Untuk IKN Nusantara, Pangdam XIV Hasanuddin Jadi Pembicara

04 September 2023 00:01
Seminar Aksionomi Sulampa Untuk IKN Nusantara, Pangdam XIV Hasanuddin Jadi Pembicara
Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso hadiri dan pembica di Seminar Nasional Call For Ideas, 'Akselerasi Ekonomi Sulampua' di Hall The Rinra Hotel, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Pendam XIV Hasanuddin)
.

MAKASSAR, TRANS89.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso hadiri dan pembica di Seminar Nasional Call For Ideas, ‘Akselerasi Ekonomi (Aksinomi) Sulampua’ di Hall The Rinra Hotel, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Kamis, 31 Agustus 2023.

Kegiatan seminar nasional call for ideas aksinomi Sulampua (Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat) ini sebagai wujud penguatan peran wilayah Sulampua sebagai mitra pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan topik pembahasan hilirisasi pertanian dan perikanan, pariwisata, pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), logistik dan konektivitas.

Mayjen TNI Totok Imam Santoso mengatakan, pada dasarnya TNI, Polri, kementerian negara, pemerintah daerah, provinsi dan perbankan juga sama-sama melaksanakan program pemerintah untuk membantu pembangunan IKN di wilayah Kalimantan Timur.

“Selain itu, kondisi di wilayah IKN kalau berjuang sendiri sangat berat,” kata Totok dalam keterangannya dikutip, Minggu (3/9/2023).

Artinya, kata Totok, kontribusi, sinergi dan akselerasi sangat dibutuhkan dan bagaimana menyesuaikan program pemerintah yang sudah dikeluarkan oleh Presiden RI.

“Kebetulan saya pada tahun 2018, saya tergabung dalam pokja (kelompok kerja) tentang IKN. Saya sudah 3 kali hadir langsung di IKN untuk melihat pembangunan di sana,” kata Totok juga pernah menjabat Gubernur Akademi Militer (Akmil) ini.

Menurutnya, pertahanan keamanan dapat menunjang akselerasi ekonomi Sulampua.

“Dalam hal ini transformasi peradaban ekonomi berkeadilan cocok untuk mendorong peningkatan ekonomi di wilayah yang dilakukan dengan bersinergi bersama stakeholder lain, yang tidak hanya bertumpu ekonomi dari pulau Jawa saja,” tutur Totok lulusan terbaik Seskoad tahun 2002 ini.

Sekali lagi, Totok sangat mengapresiasi rencana aksionasi di IKN ini, dan nmudah-mudahan dapat menghasilkan suatu ide bagus untuk disampaikan pada pimpinan serta menambah kualitas pokja dalam membangun IKN.

Lanjut Totok, kita ketahui bahwa di wilayah IKN sukunya banyak, bermacam-macam, sehingga peradaban kita bangun dan ekonomi mereka kita tinggikan.

“Kalau mereka sejahtera dan bahagia, saya yakin mereka akan mendukung program pembangunan IKN. Disinilah ekonomi berperan penting dalam membantu kelancaran dan ketepatan waktu membangun IKN,” imbuhnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya