Sulbar Salah Satu Daerah Penyanggah Ibu Kota Nusantara, Pj Gubernur Ajak Seluruh Bupati Sukseskan Pembangunan IKN

07 June 2023 00:23
Sulbar Salah Satu Daerah Penyanggah Ibu Kota Nusantara, Pj Gubernur Ajak Seluruh Bupati Sukseskan Pembangunan IKN
Pj Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fakrulloh didampingi Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa saat berkunjung ke Kabupaten Pasangkayu. (Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) akan mengajak seluruh pemerintah kabupaten (pemkab) di Sulbar untuk bergerak bersama menjadi penyanggah Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, letak geografis Sulbar sangat strategis sebagai penyanggah IKN di Kalimantan Timur.

“Kita harus berpikir komprehensif atau menyeluruh untuk menjadi penyanggah IKN di Kalimantan Timur,” kata Zudan disela-sela kunjungannya di Pasangkayu, Senin (5/6/2023).

Menurutnya, untuk menjadi penyanggah IKN itu komponennya banyak. Dan pastinya di IKN butuh ternak untuk daging, sayuran, telur, buah-buahan, serta bahan baku (material) pembangunan IKN termasuk udang yang saat ini sudah dibudidayakan oleh investor di Pasangkayu.

Jadi, kata Zudan, kita harus berpikir komprehensif, apapun yang bisa kita lakukan untuk menjadi penyanggah IKN kedepan.

“Saya mengajak para bupati di Sulbar berpikir bergerak bersama untuk mewujudkan keberhasilan pembangunan di wilayah IKN,” katanya.

Sementara Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa menyampaikan agar masyarakat Pasangkayu siap menjadi penyanggah IKN di Kalimantan Timur, seperti memanfatkaan pekarangan rumah untuk di tanami sayuran.

“Saya minta kepada masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah atau lahan kosong di tanami sayur-sayuran. Selain sebagai kebutuhan di rumah, juga untuk membantu perekonomian keluarga,” papar Yaumil di berbagai kesempatan.

Termasuk baru-baru ini, Bupati Yaumil menyambut rombongan Bupati Kotabaru dari Kalimantan Selatan, Sayed Jafar merupakan pengusaha Kapal Roll on-Roll off (Ro-Ro) atau Ferry di Kalimantan.

Saat itu Bupati Kotabaru, Sayed Jafar berkunjung melihat kondisi pelabuhan Tanasa di Salule, Kabupaten Pasangkayu.

“Kami akan melayani pelayaran dengan rute Pasangkayu-Kotabaru. Dan bila berjalan sesuai harapan, tidak menutup kemungkinan rutenya akan ditambah (Kalimantan Timur),” kata Sayed Jafar.

Bupati Yaumil menyambut baik hal itu, Pemda Pasangkayu menyiapkan pelabuhan. Dan akan mengefektifkan angkutan barang bagi kedua daerah, Pasangkayu-Kalimantan. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya