Tingkatkan Perekonomian Warga Perbatasan Papua, Satgas Yonif 143 Tri Wira Eka Jaya Ajarkan Buat Tempe

22 December 2022 00:07
Tingkatkan Perekonomian Warga Perbatasan Papua, Satgas Yonif 143 Tri Wira Eka Jaya Ajarkan Buat Tempe
Personil Pos Tatakra Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 143 Tri Wira Eka Jaya mengajari cara membuat tempe kepada mama-mama Kampung Tatakra, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua. (Pensatgas Yonif 143 Tri Wira Eka Jaya)
.

KEEROM, TRANS89.COM – Hadirnya TNI harus memberikan manfaat bagi masyarakat. Hal ini ditunjukkan Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Peratasan (Pamtas) Republik Indonesia-Papua Nugini (RI-PNG).

Pos Tatakra Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 143 Tri Wira Eka Jaya mengajari cara membuat tempe kepada mama-mama Kampung Tatakra, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (20/12/2022).

Dansatgas Pamtas RI-PNG Sektor Timur Yonif 143 Tri Wira Eka Jaya, Letkol Ari Iswoyo Timor mengatakan, selain menjaga keamanan perbatasan, Satgas juga berkewajiban membantu meringankan beban masyarakat.

“Tugas kita menjaga keamanan perbatasan, namun juga meringankan bebean masyarakat dan selalu berupaya meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan mereka,” kata Dansatgas Ari dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/12/2022).

Menurutnya, kegiatan pembuatan tempe ini merupakan salah satu upaya Satgas dalam membantu meningkatkan perekonomian warga.

“Apalagi tempe adalah makanan yang sangat mudah di produksi dan memiliki kandungan protein tinggi untuk peningkatan gizi masyarakat,” tutur Ari.

Ia menjelaskan, bersama dengan mama-mama Kampung Tatakra, personel Pos Tatakra mempraktekkan cara pembuatan tempe mulai dari penyiapan bahan dasar kedelai yang dibersihkan, perebusan, perendaman hingga pengemasan.

“Harapannya setelah diajari mereka dapat membuat sendiri tempe secara mandiri untuk dikonsumsi maupun untuk dijual sebagai tambahan penghasilan warga,” jelas Ari.

Sementara Mama Delta Ball (30) yang ikut dalam kegiatan tersebut merasa senang dan menyatakan ketertarikanya, karena baru mengetahui bagaimana cara pembuatan dan rasa dari makanan tempe.

“Terimakasih TNI telah ajarkan mama-mama cara buat tempe. Saya baru tahu ternyata tempe enak sekali. Kami tertarik sekali untuk mengembangkannya,” ujarnya.

Senada Richard Ball selaku Ondo Api Kampung Tatakra, mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif 143 Tri Wira Eka Jaya telah membimbing dan mengajarkan cara pembuatan tempe di kampungnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada bapak TNI telah ajari mama-mama kampung cara membuat tempe. Ini bagus dan kami semua tertarik sekali dalam meningkatkan ekonomi keluarga,” imbuhnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya