Pasukan Pandawa Kostrad Semaikn Dekat Dengan Warga Kenyam di Nduga

23 October 2023 09:35
Pasukan Pandawa Kostrad Semaikn Dekat Dengan Warga Kenyam di Nduga
Program teritorial digencarkan Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad membuat kedekatan masyarakat semakin erat di Pos Kotis Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. (Pensatgas Mobile Yonif 411/Pandawa Kostrad)
.

NDUGA, TRANS89.COM – Melalui program teritorial digencarkan Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad membuat kedekatan masyarakat semakin erat.

 

Masyarakat yang dulunya tertutup dan takut mendekat dengan TNI karena ancaman dari gerombolan Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) kini berubah 180 derajat, mereka justru malah senang dengan kehadiran TNI.

 

Danstagas Mobile Yonif 411/Pandawa Kostrad, Letkol Inf Subandi mengatakan, kedeketan prajurit Pandawa Kostrad sudah terjalin dengan baik, masyarakat sudah tidak lagi takut untuk berkunjung ke pos.

 

“Ini tentunya hasil kerja keras dari seluruh Prajurit Pandawa untuk masyarakat Kenyam, Nduga,” kata Subandi dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan dikutip, Senin (23/10/2023).

 

Menurutnya, ini tentunya dilakukan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai perintah dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jendral TNI Dudung Abdurachman.

 

Dansatgas menyatakan, kita lihat bersama masyarkat selalu datang ke pos untuk jual hasil kebun, berobat juga bermain dengan kami,” tutur Subandi.

 

“Dengan terjalinnya komunikasi yang baik antara Prajurit Pandawa dengan warga, bisa membuat masyarakat lebih sejahtera,” ujar Subandi.

 

Berbicara tentang pembinaan teritorial memang sudah menjadi makanan bagi semua prajurit, tapi menjalankan program teritorial di daerah penugasan di bawah ancaman teror dari KSTP kepada masyarakat yang bisa kapan saja terjadi bukanlah hal sepele.

 

Itu semua tidak membuat Pasukan Pandawa Kostrad pimpinan Bang Alex mengendorkan semangatnya untuk terus berbuat kebaikan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

 

Dengan semangat juang yang tinggi menegakkan kedaulatan untuk menciptakan kedamaian agar tidak ada lagi ruang bagi kelompok-kelompok KST Papua untuk mengganggu keamanan di wilayah Kenyam.

 

Kiprah Pasukan Pandawa Kostrad yang bertugas sejak 4 bulan yang lalu di Papua, kini menjadi idola bagi warga Kenyam. Melalui aksi-aksi sosial yang selama ini dilaksanakan membuat masyarakat terbuka dan tak enggan lagi untuk datang ke pos.

 

Melalui progam teritorial andalan seperti Pos Senyum menjadi primadona, Pondok Pintar Pandawa tak pernah sepi dikunjungi anak-anak serta Tim Kesehatan Pandawa selalu siaga 24 jam untuk melayani kesehatan masyarakat, membuat warga semakin dekat dengan pasukan Pandawa.

 

Begitu pula Tim Dapur Pandawa yang biasa berbelanja ke pasar tradisonal sekarang tidak perlu lagi untuk pergi kesana (pasar) untuk memenuhi kebutuhan gizi prajurit.

 

Masyarakat setiap harinya datang untuk mengantar hasil kebunnya dan ditukar dengan beras dan mie instan.

 

Sementara Ketua gereja wilayah Kenyam, Ishak Murib mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad telah memberikan perubahan yang begitu besar untuk masyarakat.

 

“Terima kasih bapak TNI kami semua senang, semua gembira dengan bapak TNI yang selalu membantu kesulitan warga,” ucapnya. (Nis)

 

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya