Bersama Masyarakat Distrik Ninatie, Satgas Yonif RK 111 Karma Bhakti Resmikan Tempat Wisata Munukapa di Boven Digoel

05 September 2023 00:21
Bersama Masyarakat Distrik Ninatie, Satgas Yonif RK 111 Karma Bhakti Resmikan Tempat Wisata Munukapa di Boven Digoel
Personil Satgas Pamtas RI-PNG Yonif RK 111/Karma Bhakti bersama masyarakat resmikan tempat wisata Munukapa di Distrik Nantie, Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan. (Pensatgas Yonif RK 111/Karma Bhakti)
.

BOVEN DIGOEL, TRANS89.COM – Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indoensia-Papua Nugini (RI-PNG) Yonif RK 111/Karma Bhakti melaksanakan tugas pengamanan perbatasan wilayah Papua Selatan.

Personil Satgas Pamtas RI-PNG Yonif RK 111/Karma Bhakti tidak henti-hentinya laksanakan pembinaan teritorial (binter) dalam rangka mendukung tugas pokok Satgas dibawah Kolakops Korem 174/Anim Ti Waninggap diwilayah Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan, Senin (4/9/2023).

Program kampung sehat merupakan salah satu program unggulan Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif RK 111/Karma Bhakti dalam menerapkan pola hidup bersih masyarakat dan menjaga kebersihan serta menjaga kelestarian lingkungan sekitar tempat bertugas di wilayah terpencil Papua Selatan.

Binter terbatas Satgas Pamtas RI-PNG Yonif RK 111/Karma Bhakti diterima dengan baikmasyarakat dan seluruh elemen Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Boven Digoel, karena bertujuan untuk menghindari masyarakat dari berbagai penyakit selama ini banyak terjadi diwilayah terpencil pedalaman Papua Selatan, seperti malaria, gatal gatal, dan lain-lain.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif RK 111/Karma Bhakti, Letda Inf Reynaldi Herzegovinda Devar mengatakan, banyak potensi bagus yang bisa dihasilkan diwilayah pedalaman.

“Saya berharap dengan program kampung sehat dapat mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan melaksanakan karya bakti membersihkan saluran air tersumbat, membuang sampah pada tempatnya agar tidak bersarang nyamuk,” kata Reynaldi dalam keterangannya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk membersihkan salah satu tempat wisata permandian umum masyarakat menjadi tempat wisata umum bagi warga dan pengunjung diwilayah Distrik Ninatie, Boven Digoel.

“Berkat kerjasaman anggota Satgas Pamtas RI-PNG dengan seluruh komponen masyarakat dan mendapat dukungan dari Muspika setempat, akhirnya di Distrik Ninati, Boven Digoel berhasil meresmikan tempat wisata alam yang diberinama Munukapa,” terang Reynaldi.

Sementara Kapolsek Ninatie, Iptu Makmur Maming ucapkan terima kasih atas upaya Satgas berhasil mendorong masyarakat pedalaman untuk menjaga lingkungan.

“Kami ucapkan kepada personil Satgas telah mengajak masyarakat mencintai lingkungan dan lestarikan alam dengan selalu menjaga kebersihan alam,” ucapnya.

Senada Kepala Kampung Ninatie, K Zabrial juga ucapkan terima kasih dan bangga dengan program Satgas Pamtas RI-PNG Yonif RK 111/Karma Bhakti yang baru sebulan bertugas sudah banyak dikerjakan untuk kepentingan masyarakat.

“Semoga ini semua bermanfaat untuk masyarakat dan kita semua turut menjaga kelestarian alam wilayah kita dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat,” ujarnya. (Nis)

 

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya