LP-KPK Minta Pj Gubernur Aceh Copot Kadis Pendidikan

23 February 2024 03:54
LP-KPK Minta Pj Gubernur Aceh Copot Kadis Pendidikan
Ketua Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan, Ahmad Yani. (Bayu A/Trans89.com)
.

BANDA ACEH, TRANS89.COM – Dinas Pendidikan Provinsi Aceh saat ini sedang tidak baik-baik saja. Pasalnya, diduga pejabatnya berkinerja buruk akibat tidak dan belum menguasai tentang pendidikan karena memang bukan orang tepat dan masih di isi warisan Gubernur Nova Iriansyah.

 

Bahkan berbagai kalangan mendesak agar Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Aceh segera di copot dari jabatannya, karena kepemimpinan Alhudri saat ini sebagai Kadisdik Aceh terbukti bekerja buruk dalam mengurusi masalah pendidikan Aceh.

 

Ketua Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP-KPK), Ahmad Yani mengatakan, sebesar apapun anggaran digelontorkan di Dinas Pendidikan Aceh belum bisa mendongkrak mutu pendidikan di Aceh.

 

“Pendidikan Aceh terpuruk dibandingkan dengan provinsi lainnya yang ada di Indonesia dan itu sangat memalukan,” cetus Yani di Banda Aceh, Kamis (22/2/2024).

 

Menurutnya, rencana target pembangunan di Renstra (rencana strategis) Dinas Pendidikan Aceh belum juga memuaskan, misalnya ditargetkan 80% guru sertifikasi, namun kenyataannya hanya mencapai 43% hingga tahun 2021.

 

“Untuk itu, Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Achmad Marzuki di mohon agar segera mencopot Alhudri sebagai Kadis Pendidikan Aceh karena memang gagal dan tidak mampu melaksanakan tugasnya sebagai Kadis Pendidikan Aceh,” tutur Yani.

 

Ia menyatakan, Kadis Pendidikan Aceh Alhudri memang tidak punya kemampuan dan bukan dari latar belakang pendidikan, sehingga kinerja berjalan lamban.

 

“Seharusnya kemampuan seorang Kadis Pendidikan Aceh tersebut di ukur dari kemampuan dan berlatar belakang disiplin ilmunya pendidikan, bukan berlatar belakang lain,” ujar Yani.

 

Saat ini, kata Yani, permasalahan yang timbul sedikit banyak pasti punya relevansi dengan kemampuan para Kepala SKPK yang oleh DPRA sejak jauh-jauh hari sudah diingatkan agar dilakukan evaluasi.

 

“Sejumlah pejabat warisan rezim masa lalu yang nyata-nyata berkinerja sangat buruk dan tidak pantas dipertahankan lagi, salah satunya adalah Kepala Dinas Pendidikan Aceh,” imbuhnya. (Bayu/Nis)

 

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya