Waspada Virus, Kuliah Tatap Muka UIN Ar-Raniry Dialihkan ke Kuliah Daring

16 March 2020 03:36
Waspada Virus, Kuliah Tatap Muka UIN Ar-Raniry Dialihkan ke Kuliah Daring
Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh. (Ist)
.

BANDA ACEH, TRANS89.COM – salah satu kampus kebanggaan rakyat Aceh adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh dan telah mengeluarkan surat edaran (SE), bahwa isinya aktivitas kampus selama dua pekan resmi diliburkan dengan tidak bertatap muka.

Akan tetapi kuliah para mahasiswa UIN Ar Raniry dilangsungkan secara online tetap berjalan, Senin tanggal 16 hingga 31 Maret 2020.

Beredar kabar dari Pelaksanatugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, bahwa sekolah di seluruh Aceh dinyatakan besok (Senin) akan libur.

Dengan hal itulah banyak organisasi mahasiswa UIN Ar Raniry dan seluruh aktivis mengeluarkan statementnya masing-masing untuk meliburkan proses perkuliahan akibat penyebaran virus corona atau coronavirus disease (COVID-19).

Proses perkuliahan dihentikan secara tatap muka sejak tanggal 16 Maret hingga 30 Maret mendatang guna untuk menjaga kesehatan dan tertularnya virus tersebut.

Langkah itu diambil berdasarkan Surat Edaran (SE) Rektor UIN Ar Raniry Darussalam Banda Aceh, Warul Walidin bernomor 380/Un.08/R/Kp.07.6/03/2020 tentang pelaksanaan kegiatan perkuliahan di rumah dengan belajar media daring (online).

Tidak hanya itu, dalam SE juga tertulis bahwa Para Dekan dan Direktur Pascasarjana serta Ketua Prodi dan akademisi lainnya agar melakukan perkuliahan secara media online di rumahnya masing-masing.

“Para dosen praktisi yang aktif dengan kegiatan laboratorium juga harus di atur kembali jadwal perkuliahan efektifnyan karena juga harus bersabar dengan kegiatan kuliah online”.

Sedangkan para mahasiswa yang lagi menjalankan aktivitas Ma’had Al Jamiah juga harus tetap stand belajar di ruang online.

Diikuti aturan para administrasi kampus tetap berjalan dengan normal seperti biasa dan absensi secara manual.

Adapun sebelum SE ini di keluarkan, ada beberapa dosen seperti Prof Syamsul Rijal sudah mendahulukan ide kuliah akan berbasis online dikarenakan untuk menjaga kenormalan suasana kepanikan yang terjadi. (Alja/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya