Kebakaran Lahan Jati Milik Warga di Magetan

12 October 2019 15:32
Kebakaran Lahan Jati Milik Warga di Magetan
Kebakaran lahan jati milik warga dilereng Gunung Bancak antara perbatasan Desa Garon, Kecamatan Kawedanan dengan Desa Tladan dan Tapen, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan, Jatim. (Adi Nugroho/Trans89.com)

MAGETAN, TRANS89.COM – Kebakaran lahan jati milik warga dilereng Gunung Bancak antara perbatasan Desa Garon, Kecamatan Kawedanan dengan Desa Tladan dan Tapen, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim), Jumat (11/10/2019).

Kebakaran tersebut disinyalir akibat kelalaian warga setempat yang membuang puntung rokok sembarangan pada saat sedang mencari kayu bakar.

Sampai saat ini kebakaran belum bisa dipadamkan dikarenakan terkendala medan yang sulit dijangkau, sehingga dilakukan pemantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan aparat setempat dengan dibantu masyarakat supaya api tidak mendekat di pemukiman warga.

Kronologi kejadian, pukul 14.30 WIB, warga Desa Tladan dan Tapen, Kecamatan Lembeyan melaporkan kejadian tersebut kepada aparat dan anggota BPBD wilayah Kecamatan Lembeyan.

Pukul 15.00 WIB, anggota BPBD dan aparat di wilayah Kecamatan Lembeyan beserta warga, mendatangi lokasi dan selanjutnya dibantu masyarakat lakukan pemadaman secara manual menggunakan ranting pohon basah, dikarenakan medan sulit ditempuh untuk mendatangkan petugas pemadam kebakaran (Damkar).

Pukul 20.00 WIB hingga kini, api belum bisa dipadamkan, sehingga BPBD dan aparat kewilayahan bersama warga setempat tetap melakukan pemantauan dan membuat iliran untuk memutus api supaya tidak menjalar ke area lainnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, sementara kerugian materi dengan luas lahan yang terbakar sampai dengan saat ini belum bisa diperkirakan. (Adi/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya