Musim Tanam Tiba, Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad Bantu Warga Perbatasan

03 October 2019 21:25
Musim Tanam Tiba, Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad Bantu Warga Perbatasan
Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad bertugas menjaga perbatasan Indonesi-Malaysia, membantu masyarakat menanam padi di Desa Apauping, kecamatan Bahau Hulu, Kabupaten Malinau, Kaltara. (Erizal Syahputra/Trans89.com)

MALINAU, TRANS89.COM – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Raider 303/SSM Kostrad bertugas menjaga perbatasan Indonesi-Malaysia di daerah Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara), membantu masyarakat menanam padi, hal itu dilakukan oleh personil Satgas yang bertugas di Pos Apauping.

Bersama kelompok tani, personil Satgas Pamtas membantu warga saat musim tanam padi tiba di Desa Apauping, kecamatan Bahau Hulu, Kabupaten Malinau, Kaltara, Kamis (3/10/2019).

Komandan SSK I Lettu Inf Suhendra mengatakan, personil Satgas, selain melaksanakan penugasan di wilayah perbatasan RI-Malaysia, melaksanakan tugas pokoknya menjaga wilayah perbatasan demi menjaga keutuhan NKRI di pos Apauping juga melaksanakan kegiatan teritorial untuk membantu kelompok tani yang berada di wilayah perbatasan.

“Ini bentuk sinergitas TNI dengan masyarakat. Kita hanya membantu karena curah hujan yang tinggi dan sudah memasuki musim tanam padi, sehingga kami ikut membantu,” katanya.

Ketua Adat Desa Apauping, Aran Lenggang mengapresiasi kegiatan yang dilakukan aparat TNI, karena telah membantu masyarakat menanam padi bersama.

“Dengan kegiatan sepeti ini, semakin mendekatakan TNI dengan masyarakat,” ujar Aran.

Menurutnya keterlibatan TNI dalam kegiatan bersama masyarakat sebenarnya merupakan salah satu bentuk sosialisasi tugas Satgas Pamtas dalam hal menjaga keamanan di daerah perbatasan.

“Saya harap kegiatan seperti ini tetap berlanjut dengan melibatkan lebih banyak pihak. Seperti pihak pemerintah setempat, tokoh agama, masyarakat dan pemuda. Kita bisa bekerja bersama membuat lahan percontohan. Ini namanya Tentara Masuk Sawah alias (TMS) atau Tentara Masuk Lumpur alias (TML),” canda Aran.

Personil yang merupakan anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad Pos Apauping sebanyak 10 orang bersama masyarakat turun ke lahan persawahan menanam padi bersama. (Erizal/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya