Deklarasi Partai NasDem Usung Anies Baswedan Calon Presiden 2024 dan Serahkan Sepenuhnya Cawapres

04 October 2022 00:14
Deklarasi Partai NasDem Usung Anies Baswedan Calon Presiden 2024 dan Serahkan Sepenuhnya Cawapres
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh umumkan langsung Partai NasDem resmi usung Anies Rasyid Baswedan sebagai Capres di Pilpres tahun 2024 mendatang berlangsung di Ballroom NasDem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. (Trans89.com)
.

JAKARTA, TRANS89.COM – Partai Nasional Demokrat (NasDem) resmi deklarasikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan sebagai Calon Presiden (Capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

Pengumuman tersebut disampaikan langsung Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem, Surya Paloh di Ballroom NasDem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Deklarasi dihadiri langsung Anies Baswedan beserta seluruh jajaran fungsionaris Dewan Pimpinan Pusat (DPP) NasDem.

Acara deklarasi diawali dengan mengheningkan cipta terhadap musibah Stadion Kanjuruhan Malang dipimpin langsung Surya Paloh.

Surya Paloh mengatakan, Anies lahir dibidani gelaran rapat kerja nasional (Rakernas) NasDem beberapa waktu lalu, dimana menghasilkan tiga nama yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Jenderal TNI Muhammad Andika Perkasa.

“Partai NasDem menghargai anak-anak bangsa siapapun dan darimanapun itu mempunyai niat baik untuk mendharma baktikan dirinya memimpin negeri ini,” kata Surya dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, Partai NasDem juga sangat meyakini kemampuan dan integritas putra-putri terbaik bangsa, namun NasDem telah melihat pribadi Anies Baswedan secara utuh memiliki kesamaan jalan dan tujuan NasDem dalam mengawal perjalanan Bangsa Indonesia ke depan.

“NasDem ingin mencari anak-anak bangsa terbaik dari yang baik-baik. Kenapa Anies Baswedan, jawabannya adalah why not the best (kenapa bukan yang terbaik),” tutur Surya.

Partai NasDem meminta Anies untuk mendalami dan melihat kembali sejauh mana nilai-nilai harkat dan martabat Bangsa Indonesia.

Kata Surya, apa yang sudah berhasil untuk diteruskan dan belum berhasil dicapai agar dapat diperbaiki.

“Insya Allah, jika saudara Anies Rasyid Baswedan ini terpilih menjadi presiden nanti, pimpinlah bangsa ini menjadi bangsa yang lebih bermartabat, bangsa yang mampu juga untuk membangun karakter dari pada bangsa ini sejatinya,” katanya.

Ia menyatakan, Partai NasDem menawarkan pemikiran-pemikiran yang moderat. Dalam proses membangun bangsa diperlukan pembangunan fisik sekaligus pembangunan national and character building (pembangunan bangsa dan karakter), membangun karakter anak-anak bangsa.

“Kedua ini kita perlukan. Posisi NasDem dengan komitmennya untuk menjadi garda terdepan dalam mendukung pemerintahan Presiden Jokowi dan Kiai Maruf Amin sampai akhir masa jabatannya,” ujar Surya.

Dirinya meminta seluruh keluarga besar Partai NasDem untuk mengawal proses pencalonan Anies Baswedan tersebut yang diakuinya masih sangat panjang perjalanannya.

“Semoga Tuhan yang maha kuasa akan memberikan ridho-Nya dan perlindungan bagi kita semua, ya Allah, terimalah doa kami,” pinta Surya.

Sementara Anies Baswedan menebarkan semangat dalam membangun cita-cita Indonesia bersama dengan proses kolaborasi yang baik.

“Dalam pribahasa Aceh yang kurang lebih memiliki arti begitu niat langsung jadi dan apa yang diinginkan semoga segera terjadi,” terang Anies.

Anies menyambut baik keinginan luhur yang menjadi cita-cita bersama membangun bangsa Indonesia ke depan bersama-sama dengan keluarga besar Partai NasDem.

“Sekali lagi dengan segala kerendahan hati dengan memohon doa dari semua dengan berharap Ridho dan petunjuk dan inayah dari-Nya, Insya Allah perjalanan panjang ini tidak menjadi perjalanan yang berat, tapi menjadi perjalanan yang ringan, perjalanan yang penuh keringanan dari-Nya,” terang Anies.

Anies juga mengajak untuk meniatkan seluruh ikhtiar tersebut sebagai salah satu rangkaian ibadah dalam rangka meraih Ridho yang Mahakuasa.

“Bang Surya Paloh yang amat saya hormati seluruh keluarga besar Partai NasDem saya banggakan. Bismillahirrahmanirahim, kami terima, kami siap jalan bersama,” tegasnya.

Partai NasDem Serahkan Ke Anies Tentukan Cawapresnya

Disisi lain, Partai NasDem memberi kebebasan penuh kepada Anies Baswedan memilih calon wakil presiden (cawapres) terbaiknya di Pilpres tahun 2024 mendatang.

“Soal Cawapres, kalau Partai NasDem ya sudah kasih otoritas sama Bung Anies,” Surya Paloh.

Surya memberikan otoritas penuh kepada Anies Baswedan merupakan salah satu terobosan Partai NasDem dalam memberikan keleluasaan kepada calon presiden untuk menentukan calon wakilnya.

“Hal itu agar tercipta harmoni dan kecocokan antar pasangan capres dan cawapresnya, sehingga ke depan dapat terbangun kabinet yang kuat dan solid dalam kekompakan,” terangnya.

Ia menjelaskan, kita harus yakin juga beri kesempatan (Anies Baswedan) pilih wakil paling bagus untuk kamu untuk bangsa ini.

“Nah, ini pikiran NasDem, jadi sudah terjawab itu. Saya yakin pikiran-pikiran ini akan baik untuk kawan-kawan (kader Partai NasDem),” jelas Surya.

Dirinya juga menegaskan hubungan Partai NasDem dengan Presiden Joko Widodo terus terjaga dengan baik, bahkan berjalan intensif.

Surya juga mengungkapkan dalam kurun waktu dekat akan bertemu kembali dengan Presiden Joko Widodo.

“Ketika ditanya apakah saya sudah membicarakan apa tanggapan beliau (Presiden) pencalonan Bung Anies, ya beliau ucapkan ya baik, bagus. Saya menghargai itu, saya pikir ini lebih dari cukup,” ungkapnya.

Anies menegaskan apa disampaikan Surya Paloh tentang penentuan cawapres diberikan keleluasaan penuh kepada dirinya itu memang benar adanya.

“Sama persis apa yang disampaikan Surya di depan publik maupun saat berbincang pribadi dengan saya,” tegasnya.

Anies menyebutkan, Bang Surya menegaskan pesan-pesan tentang kebangsaan, pesan-pesan tentang kemajuan, tentang persatuan persis disampaikan (Surya).

“Tidak pola ruang tertutup dan ruang terbuka beda pesan. Dan itu yang saya sangat hormati dari apa yang disampaikan Bang Surya, termasuk tadi soal penentuan pasangan dan lain-lain. Insya Allah itu semua akan diberikan yang terbaik jalannya nanti,” imbuhnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya