Sidang Putusan KSP-SB di Pengadilan Negeri Bogor Diwarnai Aksi Pendukung dan Kontra Terhadap Terdakwa

16 July 2023 00:01
Sidang Putusan KSP-SB di Pengadilan Negeri Bogor Diwarnai Aksi Pendukung dan Kontra Terhadap Terdakwa
Aliansi Anggota Koperasi Sejahtera Bersama Bersatu dan Barisan Korban Mengais Keadilan unjuk rasa mengawal sidang putusaan KSP-SB di Kantor Pengadilan Negeri 1A Bogor, Jalan Pengadilan, Pabaton, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. (Vino Chrystopell/Trans89.com)
.

BOGOR, TRANS89.COM – Aliansi Anggota Koperasi Sejahtera Bersama (KSB) Bersatu dan Barisan Korban Mengais Keadilan unjuk rasa mengawal sidang putusaan Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama (KSP-SB) dengan terdakwa Iwan Setiawan dan Daeng Zaelany.

Aksi pendukung terdakwa KSP-SB dipimpin Mulyadi menggunakan baju kaos warna putih. Sementara aksi menuntut pengembalian hak bagi nasabah KSP-SB dipimpin Heri mengenakan baju kaos warna merah.

Kedua kelompok aksi berlangsung di Kantor Pengadilan Negeri 1A Bogor, Jalan Pengadilan, Pabaton, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/7/2023).

Mulyadi meminta bebaskan para terdakwa dari segala tuntutan, dan kembalikan aset-aset sita pada KSP-SB.

“Jangan rampas hak-hak kami selaku anggota yang sebagian besar patuh pada aturan perundang-undangan koperasi. Jangan kriminalisasi koperasi. Putuskan seadil-adilnya, jangan mengalahkan sekarung kebenaran dan segenggam kekuasaan,” pintanya.

Sementara Heri mendukung supaya Hakim menghukum terdakwa dan memutuskan untuk mengembalikan dana yang di simpan nasabah dari Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jabodetabek.

“Kembalikan hak-hak nasabah KSP-SB, dan berharap Hakim memutuskan seadil-adilnya kepada terdakwa,” terangnya.

Jalannya sidang dipimpin Hakim Ketua Rosnainah, Hakim Anggota Daniel Mario Halashon Sigalingging dan Ummi Kusuma Putri dengan agenda pembacaan putusan.

Sidang putusan KSP-SB nomor 51/Pid.sus/2023/PN.Bgr dengan terdakwa Daeng Zaelany, dan nomor 52/Pid.Sus/2023/PN.Bgr dengan terdakwa Iwan Setiawan dengan hasil putusan 5 tahun dengan membayar denda Rp10 miliar serta kurungan 6 bulan penjara.

Sementara pengamanan jalan sidang dipimpin oleh Kapolsek Bogor Tengah, Kompol Surya dengan personil sekitar 100 orang. (Vino/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya