Kapolda Sulbar Pastikan Korban Bencana Alam Terima Bantuan, Verdianto: Program Peningkatan Pelayanan Masyarakat

13 October 2022 00:39
Kapolda Sulbar Pastikan Korban Bencana Alam Terima Bantuan, Verdianto: Program Peningkatan Pelayanan Masyarakat
Kapolda Sulbar, Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitti Caca saat meninjau penanganan pasca banjir di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju. (Humas Polda Sulbar)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Akibat intensitas curah hujan tinggi, menyebbakan bencana alam banjir dan tanah longsor menerjang dua kabupaten di wilayah Sulawesi Barat (Sulbar), yakni Kabupaten Mamuju dan Majene akibatkan akses jalan penghubung dua wilayah ini sempat putus.

Tidak hanya itu, akibat banjir luapan air sungai ini menyebabkan beberapa gedung sekolah, rumah dan lahan persawahan milik warga ikut terendam air. Bahkan dari beberapa video amatir terlihat ada rumah warga hanyut terbawa arus sungai.

Kejadian tersebut direspon cepat Kapolda Sulbar, Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca dengan mengerahkan tim sar gabungan dari Brimob Polda Sulbar, Dit Samapta dan Polresta Mamuju untuk melakukan evakuasi warga yang menjadi korban.

“Kemarin saat kejadian, kami sudah menerjunkan personil dan hari ini saya turun langsung untuk meninjau kondisi wilayah yang terdampak bencana dan memastikan para korban menerima bantuan,” kata Verdianto dalam keterangan tertulisnya usai meninjau lokasi banjir di Kalukku, Kabupaten Mamuju, Rabu (12/10/22).

Menurutnya, ada beberapa kepala keluarga memilih untuk mengungsi ditempat aman atau dirumah keluarganya, karena sebagian dari mereka tempat tinggalnya sudah tidak layak huni ataupun masih trauma untuk kembali.

“Beberapa hari terakhir ini, intensitas curah hujan di dua kabupaten ini cukup tinggi dan hal tersebut sudah diantisipasi oleh pihaknya apabila terjadi bencana alam,” tutur Verdianto.

Ia merespon cepat dari musibah bencana alam ini dan merupakan salah satu programnya selaku Kapolda Sulbar yang tertuang dalam commander wishnya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami telah mendirikan dapur lapangan dengan kendaraan brimob (randurlap), mengevakuasi korban serta membantu pembersihan jalan dan rumah masyarakat,” terang Verdianto, Jenderal Bintang Dua ini.

Lanjut Kapolda Verdianto, ini salah satu programnya dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Ketika mendengar ada kejadian ini, langsung saya kirimkan personil, mendirikan dapur lapangan, evakuasi korban serta bantu masyarakat lakukan pembersihan,” ungkapnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya