Kodim dan Polres Komitmen Sukseskan Program Jumat Bersih Pemkab Pasangkayu

21 February 2022 18:03
Kodim dan Polres Komitmen Sukseskan Program Jumat Bersih Pemkab Pasangkayu
Kika: Wakapolres Pasangkayu Kompol Eduard Steffry Allan Telussa, Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa, Dandim 1427 Pasangkayu, Letkol Inf Novyaldi dan Kadis Lingkungan Hidup Mujahid disela-sela peringatan HPSN di Alun-Alun Pantai Maleo Jalan Muhammad Hatta, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. (Enis/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasangkayu melalui Dinas Lingkungan (DLH) peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dengan tema, ‘kelola sampah kurangi emisi bangun proklim, berlangsung di Alun-Alun Pantai Maleo Jalan Muhammad Hatta, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat, Senin (21/2/2022).

Dalam peringatan HPNS tersebut, pihak Dinas Lingkungan Hidup Pasangkayu menargetkan Piala Adipura denga harapan dukungan semua stakholder termasuk TNI dan Polri.

Salah satu rangkaian peringatan HPSN, bupati bersama forkopimda melakukan pemungutan sampah di selokan depan alun-alun Pantia Maleo diikuti oleh peserta lainnya.

Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa berharap, dengan pelaksanaan HPSN ini sebagai momentum kita bersama untuk semakin baik dalam mengelola sampah, agar lingkunga kita bersih.

“Semoga momentum ini menjadikan kita lebih peduli terhadap pengelolaan sampah. Untuk mengatasi masalah persampahan ini, dibutuhkan program pengelolaan yang terukur, terencana dan terpadu semua stakholder,” terang Yaumil.

Menurutnya, tanpa kesadaran kita, sampah akan timbunan dan merusak lingkungan, dan diharapkan bagaiman sampah dapat dimanfatakan dengan cara daur ulang sehingga menjadi nilai jual.

“Pengelolaan sampah adalah kewajiban kita bersama. Oleh karena itu, kita harus bertanggung jawab menjaga lingkungan ağar tetap bersih dan sehat, serta meningkatkan kerjasama dalam upaya untuk mengelola sampah secara berkelanjutan,” tutur Yaumil.

Sementara Dandim 1427 Pasangkayu, Letkol Inf Novyaldi menyatakan komitmennya mendukung Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pasangkayu dalam wacana target meraih Piala Adipura.

“Kedepan, kami dari TNI dan Polri akan selalu berisnergitas dengan Pemkab Pasangkayu dalam wacana target Adipura dengan melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibamas di program Pemkab Pasangkayu yakni Jumat bersih,” ujarnya.

Senada Wakapolres Pasangkayu, Kompol Eduard Steffry Allan Telussa menyampaikan, TNI dan Polri akan selalu mensupport program Jumat bersih Pemkab Pasangkayu, agar wacana Adipura tercapai.

“Salah satunya bagaimana sampah ini di daur ulang agar bermanfaat, seperti dijadikan kerajinan tangan, sehingga kedepannya menajadi niali ekonomis bagi masyarakat,” paparnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya