Laznas WIZ Mamuju, Salurkan 4 Ton Beras Zakat Fitrah Kepada 700 Mustahik

23 May 2020 21:43
Laznas WIZ Mamuju, Salurkan 4 Ton Beras Zakat Fitrah Kepada 700 Mustahik
Tim Laznas Wahdah Inspirasi Zakat Kabupaten Mamuju mendistribusikan zakat fitrah dalam bentuk beras. Proses distribusi ini dimulai sejak 27 Ramadhan 1441 Hijriyah/Tahun 2020 Masehi. (Muhammad Gufran/Trans89.com)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Tim Laznas Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), mendistribusikan zakat fitrah dalam bentuk beras. Proses distribusi ini dimulai sejak 27 Ramadhan 1441 Hijriyah/Tahun 2020 Masehi.

Ketua Laznas WIZ Kabupaten Mamuju, Ustaz Bakri mengatakan, penyaluran zakat fitrah ini merupakan salah satu aktivitas yang dianjurkan agama Islam setiap akhir Ramadhan, akan tetapi masa pandemi Covid-19 ummat dianjurkan dan dibolehkan membayar zakat fitrah sejak awal Ramadhan.

“Zakat fitrah disalurkan kepada fakir miskin dan beberapa golongan yang memang berhak mendapatkannya. Selain itu, karena zakat fitrah terikat dengan waktu, sehingga dalam kondisi wabah pandemi, ummat dihimbau melakukan sejak awal Ramadhan, agar penyaluran bisa dipercepat,” kata Bakri.

Menurut dia, zakat fitrah akan sah bila disalurkan kepada yang berhak sebelum menunaikn shalat Idul Fitri, bila disalurkan setelah shalat Idul Fitri, maka statusnya sedekah biasa. Dan Tahun ini jumlah muzakki atau orang membayar zakat melalui Laznas WIZ Mamuju mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini jumlah zakat fitrah melalui Laznas WIZ grafiknya naik dibanding tahun sebelumnya, mungkin ini dipengaruhi program jemput zakat dan pembayaran zakat secara online yang kami siapkan tahun ini untuk memudahkan ummat agar tidak perlu keluar rumah,” tutur Bakri.

Hal senada juga disampaikan ketua pembangunan Masjid Al Ihsan Mamuju, Ustaz Zainuddin MZ, menyampaikan estimasi sasaran penerima zakat fitrah dari Laznas WIZ Mamuju bekerjasama Masjid Al Ihsan tahun ini sekitar 700 (mustahik), dengan target empat ton lebih beras.

“Jumlah ini sedikit meningkat dibanding tahun sebelumnya. Sampai hari ini sudah 932 jiwa yang bayar zakat fitrah melalui Laznas WIZ,” papar Zainuddin di Mamuju, Sabtu (23/5/20).

Adapun data yang sudah menerima, lanjut Zainuddin, kurang lebih lima ratus kepala keluarga (KK) dengan total zakat fitrah dalam bentuk beras sudah 2 ton lebih.

“Hingga saat ini tim masih terus melakukan proses penyaluran dan ditargetkan 4 ton beras tersalur sehari sebelum lebaran,” tambahnya. (Gufran)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya