Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Kodim Pasangkayu Gotong Royong Bersama PKK Duripoku

13 January 2024 02:50
Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Kodim Pasangkayu Gotong Royong Bersama PKK Duripoku
Babinsa Kodim 1427 Pasangkayu, Serda Hardiman kerja bakti bersama TP PKK dengan mengisi tanah bercampur pupuk organik ke dalam polybag di halaman kantor Camat Duripoku, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. (Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Babinsa Kodim 1427 Pasangkayu, Serda Hardiman kerja bakti bersama Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) se-Kecamatan Duripoku.

 

Kerja bakti dalam rangka ketahanan pangan (Hanpangan) dengan mengisi tanah bercampur pupuk organik ke dalam polybag sebagai media tanam di halaman kantor Camat Duripoku, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat.

 

Hadir Camat Duripoku Safaruddin, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Safri, Ketua dan anggota TP PKK Duripoku Salma, Jumat (12/1/2024).

 

Hardiman mengatakan, kerja bakti atau gotong royong ini dengan mengisi tanah bercampur pupuk organik di polybag akan ditanami hanpangan jenis cabe dan sayur-sayuran bersama ibu-ibu PKK dan warga Desa Tamarunang.

 

“Pengisian tanah dan pupuk di polybag dalam memanfaatkan lahan di lingkungan perkantoran, rumah atau pekarangan dan juga untuk memudahkan perawatannya, sebab menanam cabe dan sayuran di media polybag cukup mudah dilakukan,” kata Hardiman.

 

Menurutnya, apabila kita menanam sayuran dalam polybag atau pot, metode seperti ini cocok diterapkan di lahan yang terbatas atau lahan sempit seperti di halaman perkantoran dan pekarangan rumah.

 

“Media polybag ini menggunakan tanah dan pupuk kandang serta serbuk gergaji untuk ditanami cabe juga sayuran bisa tumbuh subur dan bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga,” tutur Hardiman.

 

Ia menyampaikan, ini juga memberikan contoh kepada masyarakat di desa tentang gerakan tanam sayuran untuk memberikan pengetahuan dan contoh tentang teknik bercocok tanam yang baik.

 

Lanjut Hardiman, setelah polybag di isi tanah dan pupuk, selanjutnya dilaksanakan penyemaian dan pengembangan bibit untuk ditanam sehingga menghasilkan tanaman yang subur dan sehat dalam waktu yang relatif singkat.

 

“Selaku Babinsa, tentunya kami selalu memberikan motivasi dan semangat dengan usaha yang ditekuni masyarakat,” tambahnya. (Nis)

 

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya