Sekda Pasangkayu Bacakan Amanat Presiden di Upacara Peringatan Hari Bela Negara

22 December 2023 17:20
Sekda Pasangkayu Bacakan Amanat Presiden di Upacara Peringatan Hari Bela Negara
Inspektur Upacara Sekda Pasangkayu, Muhammad Zain Machmoed membacakan amat presiden saat memperingati Hari Bela Negara berlangsung di halaman kantor Bupati Pasangkayu, Sulawesi Barat. (Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Upacara memperingati Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 dengan tema, ‘Korbankan Bela Negara Untuk Indonesia Maju,’ berlangsung di halaman kantor Bupati Pasangkayu, Sulawesi Barat, Selasa (19/12/2023).

 

Selaku Inspektur Upacara Sekda Pasangkayu, Mohammad Zain Machmoed membacakan amat Presiden Republik Indonesia, bahwa Hari Bela Negara merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan.

 

“Tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata,” kata Zain dalam keterangannya.

 

Menurutnya, pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim, telah membawa dampak dan resiko ketahanan negara.

 

“Kita harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu,” tutur Zain.

 

Ia menjelaskan, semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat.

 

“Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” jelas Zain.

 

Dirinya mengungkapkan, bela negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi dengan merangkul semua lapisan masyarakat.

 

Hal itu baik dalam kehidupan sehari-hari disetiap tindakan sekecil apapun yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara. Cinta Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit bela negara,” ungkap Zain.

 

Zain menambahkan, peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini mengajak masyarakat Indonesia untuk mengorbankan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

 

“Semoga Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Indonesia maju, bersatu, berdaulat, mandiri, dan sejahtera,” tambahnya. (Nis)

 

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya