Panglima Laksamana TNI Yudo Margono Membuka Latihan Super Garuda Shield 2023 di Situbondo

04 September 2023 00:01
Panglima Laksamana TNI Yudo Margono Membuka Latihan Super Garuda Shield 2023 di Situbondo
Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono membuka Latihan Super Garuda Shield 2023 dan dihadiri Pangkostrad, Letjen TNI Maruli Simanjuntak berlangsung di Puslatpur 5 Marinir Baluran, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. (Dispenad)
.

SITUBONDO, TRANS89.COM – Panglima Kostrad (Pangkostrad), Letjen TNI Maruli Simanjuntak hadiri pembukaan Latihan Super Garuda Shield 2023 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) 5 Marinir Baluran, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur pada Kamis, 31 Agustus 2023.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bersama Commanding General Of I Corps US Army LTG Xavier T Brunson dengan pasukan upacara dari TNI, USA, Australia, Singapura dan alat utama sistem persenjataan yaitu Astros dan Himars.

Perhelatan Super Garuda Shield merupakan sebuah ajang latihan bersama dengan skala cukup besar antara TNI dan militer negara-negara sahabat di kawasan Indo Pasifik dan menjadi latihan multinasional terbesar diselenggarakan di Indonesia.

Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, lebih dari 5.000 prajurit akan terlibat dari 17 negara, dan saling bahu membahu untuk meningkatkan kapabilitas dan juga kemitraan.

“Baik itu sebagai peserta maupun pengamat, kehadiran setiap negara di tempat ini sangat berarti dan menunjukkan komitmen kita semua dalam mendukung perdamaian dan kerjasama,” kata Panglima Yudo dalam keterangannya dikutip, Minggu (3/9/2023).

Menurutnya, lebih dari itu, kegiatan ini juga merupakan kesempatan baik untuk mengenal aneka produk tradisional Indonesia, budaya, adat istiadat dan keragaman yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

“Super Garuda Shield mereplikasikan lingkungan pertahanan dan keamanan dinamis, dimana seluruh prajurit berpartisipasi akan berlatih dan mengembangkan kemampuannya dalam merencanakan, memimpin dan berkomunikasi dengan sesama rekannya dalam waktu singkat ini,” tutur Yudo.

Panglima Yudo mengungkapkan, latihan tahun ini akan mempersiapkan kita untuk menghadapi spektrum tantangan yang kompleks, melalui agenda latihan darat dan maritim dan juga operasi airborne.

“Saya berharap, kita mampu meningkatkan kesiapan dan memperkuat kepabilitas pertahanan kita,” imbuhnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya