Wakil Menteri Tenaga Kerja Buka Rakernas FSB KAMIPARHO di Depok

24 August 2022 00:37
Wakil Menteri Tenaga Kerja Buka Rakernas FSB KAMIPARHO di Depok
Wakil Menteri Tenaga Kerja, Apriansyah Noor membuka Rakernas FSB KAMIPARHO di gedung Dwidjosewojo Hotel Bumi Wiyata Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat. (Sarwo Kartika Roni/Trans89.com)
.

DEPOK, TRANS89.COM – Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker) Apriansyah Noor membuka rapat kerja nasional (Rakernas) Federasi Serikat Buruh Makanan Minuman Pariwisata Restoran Hotel dan Tembakau (FSB KAMIPARHO) di gedung Dwidjosewojo Hotel Bumi Wiyata Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (23/8/2022).

Hadir Presiden DEN KSBSI Elly Rosita Silaban, Ketua Umum DPP FSB KAMIPARHO Supardi, Hubungan Lembaga dan Masyarakat BPJS Ketenagakerjaan Indrajid Nurmukti, Program Officer ILO Sektor Sawit Yunirman Gah, Wilmar Group Erlina Panitia, Manajemen Hotel Bumi Wiyata Deddy Heru Purnomo.

Laporan Panitia Pelaksana Rakernas FSB KAMIPARHO, Tati Suharti mengtakan, hari ini kita melaksanakan rakernas dengan mengevaluasi 1 tahun dan untuk perencanaan program 3 tahun kedepan.

“Harapan kami bisa menghasilkan hal-hal yang baik untuk kemajuan KSBSI Kamiparho. Semoga acara ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Kami mohon maaf atas segala kekurangannya,” katanya.

Manejemen Hotel Bumi Wiyata, Dedi Heri Purnomo ucapkan terima kasih kepada FSB Kamiparho yang sudah menunjuk kami sebagai tuan rumah untuk melaksanakan kegiatan rakernas.

“Kamiparho sangat berperan bagi hotel kami ini dan seluruh karyawan kami adalah anggota Kamiparho serta di tempat kami ini selalu berjalan kondusif,” ucap Dedi.

Menurutnya, keberadaan FSB Kamiparho di hotel kami sangat memberikan hasil positif dan kondisi ini membantu menejemen kami untuk mengembalikan lagi kejayaan Hotel Bumi Wiyata.

“Kami mohon maaf apabila dalam penyelenggaraan adanya layanan kami yang kurang berkenan dan kami akan berikan pelayanan yang terbaik. Semoga dengan rakernas ini bisa memberikan hasil positif untuk kita semua,” tutur Dedi.

Perwakilan Wilmar Group, Erlina Panitia mengatakan, ini kesempatan ke dua dengan agenda sama bagi kami dan sangat berbahagia sekali bisa bertemu kembali dalam kegiatan rakernas.

“Hal ini memberikan nilai positif dan pengolahan nilai sumber daya manusia (SDM) di setiap perusahaan dan pekerja untuk memastikan iklim yang kondusif,” kata Erlina.

Ia menyatakan, diperlukan dialog antar kita untuk menyamakan persepsi tidak hanya dari kacamata sendiri, tapi dari sudut pandang yang lain melalui dialog terbuka untuk kepentingan bersama.

“Dengan cara itu, saya yakin setiap masalah bisa terselesaikan dengan baik. Semoga kedepan ini bisa di pertahankan dan bisa lebih baik lagi,” ujar Erlina.

Ketua Umum DPP FSB KAMIPARHO, Supardi ucapkan atas nama Kamiparho mengucapkan terimakasih atas kehadirannya, serikat buruh harus mampu beradaptasi dengan cepat, karena kalau tidak, pasti tergilas seperti tema kita, cerdas, berani dan bermartabat.

“Terima kasih kepada mitra kita dan Hotel Bumi wiyata. Prinsip kami buruh dan pengusaha adalah sejajar. Tidak ada permasalahan tidak selesai, pasti ada jalan keluarnya. Alhamdulillah, Kamiparho di setiap wilayah sangat bagus hungungannya dengan stekholder yang ada,” ucapnya.

Presiden DEN Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), Elly Rosita Silaban mengatakan, Kamiparho adalah salah satu federaai yang capaiannya luar biasa dalam beberapa tahun ini.

“Jangan pernah lihat sepele KSBSI bahwa isu covid yang merajalela sekarang sudah berakhir, karena sektor pariwisata dan hotel sudah buka tapi kenapa tiket pesawat dinaikan,” kata Elly.

Ia menjelaskan, inti permasalahan bukan dari perbankan tapi dari sisi kesehatan. Kamiparho adalah sektor yang sangat terdampak sekali isu Omnibus Law sampai saat ini.

“Kami masih sangat menentang (Omnibus Law), karena itu salah satu fungsi kami sebagai serikat buruh untuk meningkatkan kesejahteraan buruh. Dan bulan Oktober kita akan turun kejalan untuk memperjuangkan kesejahteraan buruh,” jelas Elly.

Wakil Menteri Tenaga Kerja, Apriansyah Noor mengucapkan terima kasih kepada teman-teman mengundangnya, dan pesan dari presiden agar memperhatikan kesejahteraan kaum buruh.

“Dalam rangka rakernas FSB Kamiparho di Hotel Bumi Wiyata, mudah-mudahan dengan menurunnya pandemi, Hotel Bumi Wiyata semakin maju,” ucap Apriansyah.

Menurutnya, pemerintah mengapresiasi atas peran dan kontribusi Kamiparho di bidang restoran, hotel dan pariwisata dapat mendukung pemerintah.

“Dengak tema rekernas, pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat, Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) mangajak peran serta serikat buruh untuk meningkatkan kompetensi buruh dalam menyongsong demokrasi,” tutur Apriansyah.

Ia menjelaskan, dinamika serikat pekerja sangat dinamis dan jauh lebih demokratif di bandingkang di negara lain.

Lanjut Wamen Apriansyah, semoga acara rakernas ini bisa meningkatkan peran FSB Kamiparho dengan pemerintah di bidang makanan, restoran, tembakau, perhotelan dan pariwisata.

“Mungkin saya akan agendakan dua bulan sekali, saya akan mengundang perwakilan buruh untuk cofy morning dan bertukar pikiran. Secara resmi Rakernas FSB Kamiparho saya nyatakan dibuka,” imbuhnya. (Sarwo/Nis)

 

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya