Bupati Ende Launching Penyaluran Perdana Bantuan Beras Dimasa PPKM

25 July 2021 02:24
Bupati Ende Launching Penyaluran Perdana Bantuan Beras Dimasa PPKM
Bupati Ende Djafar H Achmad launching penyaluran perdana bantuan sembako beras terkait PPKM, berlangsung di halaman kantor Bupati Jalan Eltari, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. (A Wisesa/Trans89.com)
.

ENDE, TRANS89.COM – Bupati Ende Djafar H Achmad launching penyaluran perdana bantuan sembako beras terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Kabupaten Ende.

Hadir digiat tersebut, Sekda Kabupaten Ende Agustinus Gadja Ngasu, Kepala Dinans (Kadis) Sosial Ende Marmi Kusuma, Kepala Bulog Cabang Ende Pieter ED Haan, Kepala Kantor PT Pos Indonesia Persero Ende Mudjibur Rachman, berlangsung di halaman kantor Bupati Jalan Eltari, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (3/7/2021).

Sambutan Bupati Ende, Djafar H Achmad mengatakan, launching bantuan beras PPKM merupakan salah satu langkah antisipatif pemerintah dalam membantu masyarakat yang terkena dampak PPKM dari pandemi Covid-19.

“Agar masyarakat ketahui bahwa pemerintah tidak tinggal diam dan mebiarkan masyatakat kesusahan dalam masa pandemi Covid-19. Kususnya pada masa pemberlakuan PPKM ini, pemerintah akan terus berusaha menyediakan bantuan bagi masyarakat yang terkena dampak pemberlakuan PPKM,” kata Djafar.

Menurutnya, masyarakat tidak perlu khwatir dengan situasi ini, karena pemerintah akan selalu hadir untuk membantu masyarakat.

“Tugas masyarakat saat ini adalah selalu mentaati protokol kesehatan (prokes) Covid-19 sesuai yang ditetapkan pemerintah,” tutur Djafar.

Ia menyatakan, kepada penerima bantuan beras PPKM diharapkan menjadi pelopor penerapan prokes.

“Ajaklah teman dan saudara untuk mentaati prokes agar segera dapat memutus mata rantai penularan Covid-19. Bantuan beras ini diharapkan pihak Bulog untuk segera menyalurkan kepada penerima manfaat agar mengurangi bebannya,” ujar Djafar.

Selanjutnya launcing dan pelepasan penyaluran bantuan beras PPKM oleh Bupati Ende, Djafar H Achmad, dimana bantuan beras PPKM 2021 sebanyak 10 kilogram (kg) per kepala keluarga (KK) penerima manfaat.

“Jenis beras yang didistribusikan adalah jenis beras medium dari Bulog,” kata Djafar.

Dirinya menjelaskan, jumlah penerima beras bantuan PPKM 2021 terdata di seluruh wilayah Kabupaten Ende sebanyak 29.514 keluarga penerima manfaat (KPM), terdiri dari 17.885 KPM program keluarga harapan (PKH) dan 11.629 KPM bantuan sosial tunai (BST).

“Penyalur beras bantuan PPKM 2021 di Kabupaten Ende adalah PT Pos Indonesia Persero Cabang Ende bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI dengan distributor Perum Bulog,” jelas Djafar.

Kata Djafar, titik distribusi akan dilakukan ke desa atau kelurahan masing-masing dengan penjadwalan yang diatur oleh para tenaga PKH demi menghindari adanya kerumunan masyarakat saat pengambilan di masa pandemi Covid-19.

“Sebelum dilakukan pendistribusian sudah dilakukan pengecekan barang berupa beras pada stok Bulog Ende oleh Dinsos Ende dan PT Pos Indonesia Cabang Ende, ditemukan beras dalam keadaan layak dan siap distribusi,” katanya.

Lanjut Bupati Djafar, kondisi stok bersa Cabang Bulog Ende sebanyak 600 ton dengan rincian kebutuhan untuk bantuan PPKM 2021 sebanyak 225 ton, sisanya untuk kebutuhan golongan anggaran TNI/Polri dan operasi pasar.

“Akan ada penerimaan baru dalam waktu dekat oleh Cabang Bulog Ende sebanyak 500 ton untuk antisipasi kebutuhan sampai bulan Oktober 2021,” ungkapnya. (Wisesa/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya