Dandim Pasangkayu Bacakan Sambutan Pandam Hasanuddin Saat Upacara di Makodim

03 May 2021 23:16
Dandim Pasangkayu Bacakan Sambutan Pandam Hasanuddin Saat Upacara di Makodim
Dandim 1427 Pasangkayu Letkol Inf Novyaldi pimpin upacara pengibaran bendera Merah Putih, berlangsung di lapangan Makodim Jalan Dewi Sartika Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. (Haris/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Dandim 1427 Pasangkayu Letkol Inf Novyaldi pimpin upacara pengibaran bendera Merah Putih dan bertindak selaku Perwira Upacara Kapten Inf Muh Barki dan Komandan Upacara Letda Inf Yonderson Taawe berlangsung di lapangan Makodim Jalan Dewi Sartika Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (3/5/2021).

Sambutan Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno dibacakan Dandim 1427 Pasangkayu, Letkol Inf Novyaldi ucapkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita dapat mengikuti upacara bendera minggu pertama Bulan Mei Tahun 2021.

“Sebagaimana saya pernah sampaikan pada upacara bendera sebelumnya, esensi dari pelaksanaan upacara bendera yang selalu kita laksanakan adalah sebagai media komunikasi yang efektif bagi pimpinan untuk menyampaikan berbagai informasi penting serta arahan dalam rangka pencapaian serta optimalisasi pelaksanaan tugas satuan,” ucap Novyaldi.

Untuk itu, kata Dandim, melalui upacara bendera kali ini, akan menyampaikan beberapa hal penting sesuai bidang dan staf untuk dijadikan acuan dan pedoman dalam mengoptimalkan tugas guna meningkatkan kinerja satuan.

“Bidang Inspektorat, disampaikan kepada para Dansat dan Kabalak jajaran Kodam XIV Hasanuddin, bahwa saat ini Tim Post Audit ltdam XIV Hasanuddin sedang melaksanakan pengawasan di satuan jajaran Kodam XIV Hasanuddin,” kata Novyaldi.

Menurut dia, terkait hal tersebut, diperintahkan seluruh satuan agar segera menindaklajuti dan memperbaiki hasil temuan Tim Post Audit sesuai dengan rekomendasi dari Tim Post Audit Itdam XIV Hasanuddin.

“Bidang Intelijen, diinformasikan selama periode April 2021, telah terjadi 2 kasus kecelakaan pribadi yang mengakibatkan kerugian personel yaitu Pratu Andre Eko Prabowo anggota Yonif 725 Woroagi yang terkena ledakan botol baygon bekas saat membakar sampah sehingga mengalami luka bakar pada bagian wajah, dada dan paha, serta Sertu Nur Baco anggota Zidam XIV Hasanuddin terkena tabung gas portable saat hendak memasak, sehingga mengalami luka bakar pada bagian wajah dan dada,” tutur Novyaldi.

Menyikapi kejadian tersebut, ia menekankan kembali kepada seluruh personel Kodam XIV Hasanuddin untuk selalu mengutamakan faktor keamanan setiap melakukan kegiatan. Dan jika kegiatan tersebut memiliki tingkat kerawanan yang tinggi, agar berkoordinasi dan melibatkan personel atau teknisi yang memiliki kualifikasi serta keterampilan sesuai kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Bidang Operasi, untuk mengantisipasi perkembangan situasi menjelang Hari Raya Idul Fitri, saya perintahkan masing-masing satuan dalam jajaran Kodam XIV Hasanuddin agar lebih memperketat pengamanan, baik saat jam dinas maupun di luar jam dinas,” ujar Novyaldi.

Kata Novyaldi, kemudian dalam waktu dekat akan dilaksanakan lomba tembak senapan antar Satpur dan Satbanpur jajaran Kodam XIV Hasanuddin, saya perintahkan para Dansatpur/Banpur supaya menyiapkan personelnya yang terbaik untuk mengikuti lomba tersebut.

“Bidang Personel, perlu diketahui, bahwa selama periode Triwulan I tahun 2021, tingkat pelanggaran yang terjadi di satuan jajaran Kodam XIVI Hasanuddin sebanyak 13 kasus yang terdiri dari 11 kasus tindak pidana yang dilakukan oleh 2 orang Perwira, 4 orang Bintara dan 5 orang Tamtama serta 2 kasus pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh 2 orang Tamtama,” katanya.

Menyikapi hal tersebut, dirinya perintahkan para Dansat dan Kabalak agar lebih meningkatkan pengawasan dan pembinaan terhadap personel di satuan masing-masing dengan menghindari terjadinya pelanggaran serta aktif melaksanakan Bintal Fungsi Komando, termasuk memberikan penekanan untuk selanjutnya berdasarkan Surat Telegram (Sutel) Pangdam XIV Hasanuddin Nomor ST/701/2021, tanggal 4 Februari 2021, tentang pelaksanaan tes kesamaptaan jasmani periodik I dan II tahun 2021.

“Saya perintahkan para Dansat dan Kabalak agar mempersiapkan personelnya secara optimal dan laksanakan program pembinaan fisik di satuan masing-masing, khususnya personel yang masuk dalam kelompok kategori postur LA dan LLA, sehingga personel tersebut benar-benar siap untuk mengikuti tes kesamaptaan jasmani periodik I yang akan dilaksanakan pada bulan Mei ini,” tegas Novyaldi.

Bidang Logistik, kata Dandim, saat pelaksanaan asistensi pengamanan di wilayah Kodam XIV Hasanuddin oleh tim supervisi Sintelad telah ditemukan adanya kelebihan munisi bekal pokok (BP) di gudang munisi Kodim 1408/BS.

“Guna mencegah terjadinya penyalah-gunaan Muhandak dengan adanya kelebihan munisi tersebut, saya perintahkan kepada para Dansat/Kabalak jajaran Kodam XIV/Hasanuddin agar memedomani ST Pangdam XIV Hasanuddin Nomor ST/535/2020 tanggal 11 Agustus 2020, tentang pencegahan materiil senjata dan munisi di gudang senjata dan munisi satuan serta ST Pangdam XIV/Hasanuddin nomor ST/2233/2020 tanggal 22 Oktober 2020, tentang pelaksanaan pengawasan materiil yang melekat pada semua materiil yang ada di satuan,” katanya.

Selanjutnya, kata Novyaldi, perlu diketahui pula, bahwa penggunaan jasa listrik dan air minum di satuan jajaran Kodam XIV Hasanuddin dari tahun ke tahun semakin meningkat, sehingga sangat berdampak langsung terhadap beban tagihan yang harus dibayar oleh negara.

“Saya tekankan kepada seluruh satuan jajaran Kodam XIV Hasanuddin agar memedomani ST Pangdam XIV Hasanuddin Nomor ST/771/2021 tanggal 26 April 2021, tentang langkah-langkah penghematan penggunaan daya dan jasa listrik, gas dan air (LGA),” katanya.

Bidang Teritorial, kata Dandim, terkait pelaksanaan program kerja dan anggaran yang sudah memasuki Triwulan I tahun 2021, diperintahkan para Dansatkowil dan Satnonkowil agar mengecek program kerja dan anggaran bidang teritorial, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pencairan anggaran.

“Begitu pula tentang peningkatan kemampuan teritorial dalam mendukung pelaksanaan tugas Satkowil maupun Nonkowil di wilayahnya, maka para Dansatkowil maupun Satnonkowil agar selalu meningkatkan kemampuan teritorial personel dijajarannya guna mendukung pelaksanaan tugas di wilayah binaan satuan masing-masing,” katanya.

Bidang Perencanaan, Novyaldi menegaskan, dari hasil penilaian pembangunan Zona Integritas (ZI) TNI AD menuju WBKWBBM tahun 2021 terhadap 3 Satker Kodam XIV Hasanuddin, menunjukkan hasil yang baik dengan terpilihnya Satker Rumah Sakit Pelamonia, Kesdam XIV Hasanuddin dan Korem 142 Tatag dari 107 Satker untuk mengikuti penilaian tingkat Mabes TNI.

Untuk itu, lanjut Dandim, kepada ketiga Satker tersebut agar mempersiapkan diri secara optimal, jadikan evaluasi pengalaman tahun sebelumnya dan laksanakan inovasi-inovasi di pelayanan publik guna mengoptimalkan pelayanan kepada TNI, keluarga dan masyarakat.

“Kepada Satker lain, saya perintahkan agar melaksanakan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) pembangunan ZI yang telah dilaksanakan oleh ketiga Satker tersebut, sehingga kedepan muncul Satker baru yang akan menjadi perwakilan Kodam XIV Hasanuddin di tingkat Mabesad atau Mabes TNI,” kata Novyaldi.

Selanjutnya, sambung Dandim, diingatkan pula bahwa Progjagar Kodam XIV Hasanuddin tahun 2021sudah memasuki pertengahan Triwulan II, diperintahkan kepada seluruh Satker agar lebih optimal dalam menyerap anggaran sesuai dengan rencana penarikan dana (RPD) sebagaimana yang tertuang pada halaman II DIPA.

“Jadi mari tingkatkan tertib administrasi dalam pengelolaan anggaran dan segera berkoordinasi dengan pihak terkait jika menemukan kendala dalam pelaksanaan Progjagar, mengingat daya serap anggaran pada Triwulan II ini masih rendah,” imbuhnya. (Ris/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya