Aliansi Polewali Mandar Bergerak Peringati May Day

03 May 2021 02:29
Aliansi Polewali Mandar Bergerak Peringati May Day
Aliansi Polman Bergerak merupakan gabungan dari LMND dan FPPI Polman peringati Hari Buruh Internasional, berlangsung depan kampus Unasman Jalan Hos Cokroaminoto dan simpangan lampu merah Jalan Mr Muh Yamin Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. (Atjo Mappinawang/Trans89.com)
.

POLEWALI MANDAR, TRANS89.COM – Aliansi Polman Bergerak merupakan gabungan dari Liga Mahasiswa Untuk Demokrasi (LMND) dan Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI) Polman peringati Hari Buruh Internasional atau May Day.

Aksi dipimpin Ayuf berlangsung depan kampus Universitas Al-Asyariah Mandar (Unasman) Jalan Hos Cokroaminoto dan simpangan lampu merah Jalan Mr Muh Yamin Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu (1/5/2021).

Massa aksi membawa spanduk dan poster bertuliskan, Polman bergerak, May Day sebagai tanggal rakyat tertindas. Omnibus Law aturan setan, May Day hari berjuang.

Orasi Ayuf mengatakan, peringatan May Day tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, buruh dan rakyat masih dihantui oleh kemiskinan.

“Hal tersebut tentu dihasilkan oleh regulasi dan kebijakan yang semakin tidak masuk akal, hal itu terlihat tidak mengakomodir kebutuhan buruh, namun malah berpihak pada pemegang kendali kuasa dan kapitalis,” kata Ayuf.

Ia mengungkapkan, peran mahasiswa tidak bisa lepas dari perjuangan buruh dan rakyat, dikarenakan penindasan yang dialami oleh buruh dan rakyat, hal ini tentu turut membayangi mahasiswa.

“Setelah lulus pendidikan, mahasiswa akan berhadapan langsung dengan kapitalisme, entah sebagai buruh, petani, nelayan atau bahkan pengangguran dengan gelar sarjana,” ungkap Ayuf.

Lanjut Ayuf, kapitalisme dan neoliberalisme yang menjadi momok menakutkan bagi buruh dan rakyat juga menjadi musuh bersama bagi mahasiswa.

“Produk regulasi dan kebijakan dalam sektor pendidikan juga merupakan produk yang diupayakan mampu memfasilitasi stimulus liberalisasi dan komersialisasi pendidikan,” imbuhnya. (Atjo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya