Menteri Pertanian Dampingi Presiden Panen Raya Padi di Malang

30 April 2021 03:31
Menteri Pertanian Dampingi Presiden Panen Raya Padi di Malang
Presiden Joko Widodo didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meninjau lokasi tanam sekaligus panen raya padi di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur. (Humas Kementan)
.

MALANG, TRANS89.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Bulog Budi Waseso, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Malang M Sanusi, meninjau lokasi tanam sekaligus panen raya padi di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jatim, Kamis (29/4/2021).

Peninjauan pra dan pasca panen ini merupakan bagian dari agenda prioritas pemerintah dalam meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani, sehingga ketahanan pangan khususnya beras benar-benar dapat terwujud.

Produksi padi di lokasi panen memuaskan hingga mencapai 12 ton gabah kering panen (GKP) perhektar, sehingga ke depan dengan perhitungan stok dan kebutuhan yang matang secara nasional dipastikan tidak ada lagi impor beras.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, panen raya padi ini di Kabupaten Malang mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau dan memastikan langsung kondisi perberasan nasional hasil dari panen tersebut.

“Alhamdulillah, hasilnya sangat memuaskan, mencapai 12 ton gabah kering panen perhektar. Dengan memperhitungkan stok dan kebutuhan nasional saat ini, maka bisa dipastikan tidak ada impor beras,” kata Syahrul dalam keterangn tertulisnya.

Mentan menyatakan, sesuai arahan Presiden, Kementerian Pertanian (Kementan) akan segera salurkan bantuan traktor, alat panen dan mesin pertanian lainnya guna memenuhi kebutuhan petani.

“Saya juga pastikan, gerakan serap gabah akan terus berjalan ke depan, supaya harga padi tidak anjlok di tingkat petani. Kolaborasi kerja ini akan melibatkan Kementan, Bulog, BUMN, Pemda dan swasta. Mari bersinergi untuk terus memajukan pertanian Indonesia,” imbuhnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya