LSM GPI dan Ormas Bledug Kelud Aksi Depan Kantor DPRD Blitar, Ini Tuntutannya

21 April 2021 02:28
LSM GPI dan Ormas Bledug Kelud Aksi Depan Kantor DPRD Blitar, Ini Tuntutannya
LSM Gerakan Pembaharuan Indonesia dan Ormas Bledug Kelud unjuk rasa depan gedung DPRD Blitar Jalan Kota Baru, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. (Adhitya Wijaya/Trans89.com)
.

BLITAR, TRANS89.COM – Sejumlah massa LSM Gerakan Pembaharuan Indonesia (GPI) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) Bledug Kelud dipimpin Joko Prasetyo unjuk rasa depan gedung DPRD Blitar Jalan Kota Baru, Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Jatim), Senin (19/4/2021).

Mass aksi membawa poster bertuliskan, dicari kos-kosan untuk Wakil Bupati Blitar Rp250 juta. Etan alon-alon iso dadi kos-kosan. Bupati Bliatar ngesot di Pendopo di Pemkab Blitar darurat anggaran. Kinerja Pemerintah Kabupaten Blitar sedang dilanda gempa. Wakil Bupati Blitar ngekos di Pendopo.

Tuntutan massa aksi, Joko Prasetyo menyampaikan kepada pemerintah daerah (pemda) bahwasanyanya fasilitas yang diberikan kepada pejabat daerah khususnya bupati dan wakil bupati seharusnya diperlakukan yang layak.

“Sesuai Undang-undang (UU) nomor 23 tahun 2014, tentang pemda secara teknis yang diatur dalam peraturan pemerintah (PP) 109 kususnya pasal 6 pasal 1, disebutkan bahwa kepala daerah atau wakil kepala daerah masing-masing mendapatkan rumah jabatan atau rumah dinas beserta perlengkapannya dan pemeliharaannya,” papar Joko.

Ia menilai, akan tetapi kenyataannya mengapa wakil bupati (wabup) ditempatkan di rumah dinas bupati dan tidurnya di kursi, dan kami sebagai warga Kabupaten Blitar tidak terima wakil bupati diperlakukan tidak layak, seharusnya pemda lebih tanggap serta megerti dengan keadaan wabup.

“Sebagai warga masyarakat Blitar memaknai hal tersebut dalam peyelegaraan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Blitar kacau dan tidak sesuai protokoler,” terang Joko.

Dirinya tidak terima seorang pejabat Pemkab Blitar kususnya Wabup tidak diperlakukan tidak semestinya atau tidak sesuai protokoler.

“Kami akan megadukan ke anggota dewan terkait perlakuan Wakil Bupati yang tidak sesuai pada mestinya, akan tetapi anggota DPRD sedang tidak ada di tempat,” pungkasnya. (Adhitya/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya