Dandim Pasangkayu Bacakan Amanat Pangdam Hasanuddin di Upacara Tujuh Belasan

20 April 2021 05:59
Dandim Pasangkayu Bacakan Amanat Pangdam Hasanuddin di Upacara Tujuh Belasan
Dandim 1427 Pasangkayu Letkol Inf Novyaldi bertindak selaku Inspektur Uupacara bendera 17-an di Bulan April, sementara bertindak Perwira Upacara Danramil 1427-02 Randomayang Kapten Inf Ismail berlangsung di lapangan upacara Makodim Jalan Dewi Sartika Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. (Ocha Cz/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Dandim 1427 Pasangkayu Letkol Inf Novyaldi bertindak selaku Inspektur Uupacara bendera 17-an di Bulan April, sementara bertindak Perwira Upacara Danramil 1427-02 Randomayang Kapten Inf Ismail berlangsung di lapangan upacara Makodim Jalan Dewi Sartika Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (19/4/2021).

Hadir di upacara tersebut, Danramil 1427-03 Bambaloka Kapten Inf Hasan, Pasi Pers Lettu Inf Abd Malik, Pelaksanaharian (Plh) Serma Denny Repie, para personil staf Makodim dan personil Koramil 01/Labuang, Koramil 02/Randomayang dan Koramil 03/ Bambaloka.

Sambutan Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno dibacakan Dandim 1427 Pasangkayu, Letkol Inf Novyaldi ucapkan salam dan marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita dapat mengikuti Upacara Bendera Tujuh Belasan Bulan April Tahun 2021, dalam suasana tertib dan khidmat.

“Mengawali kesempatan ini saya menyampaikan selamat menunaikan lbadah Puasa bagi segenap prajurit dan PNS Kodam XIV/Hasanuddin yang beragama Islam, semoga ibadah kita selama Bulan Suci Ramadhan ini diterima Allah SWT,” ucap Novyaldi.

Menurut dia, upacara bendera yang kita laksanakan setiap tanggal 17 ini, bertujuan untuk menumbuhkan nasionalisme dan rasa memelihara kedisiplinan sekaligus sebagai media komunikasi yang efektif bagi pimpinan dalam menyampaikan berbagai arahan, petunjuk serta evaluasi yang terkait langsung dengan pelaksanaan tugas pokok.

“Memasuki bulan pertama triwulan tahun anggaran 2021, kualitas kinerja kita dituntut lebih baik dari pada sebelumnya. Hal tersebut dapat terealisasi manakala setiap individu di setiap satuan mampu mengambil pelajaran terhadap berbagai kekurangan yang terjadi selama pelaksanaan program kerja pada triwulan pertama yang lalu,” tutur Novyaldi.

Ia mengatakan, untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas satuan, sangat dituntut kepedulian para pimpinan serta profesionalisme para prajurit dan PNS, sehingga seberat apapun tantangan tugas yang dihadapi, dapat diselesaikan dengan baik.

“Hal ini penting saya tekankan karena optimalisasi pelaksanaan tugas satuan sangat bergantung kualitas kinerja dan disiplin prajurit, sehingga pada aspek profesionalitas, dan adanya upaya pembinaan yang lebih maksimal di tiap-tiap satuan,” Novyaldi.

Dirinya menyatakan, jika hal tersebut dapat diwujudkan di setiap satuan, maka yakinlah bahwa kinerja anggota akan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, mengingat tugas yang dilaksanakan selama ini tidak jauh berbeda dengan waktu sebelumnya.

“Terkait penggunaan media sosial, saya minta seluruh prajurit dan PNS Kodam XIV Hasanuddin agar tidak terpengaruh dengan berbagai postingan di media sosial yang belum tentu benar, karena penyalahgunaan memposting hal-hal yang tidak wajar seperti konten pornografi, ujaran kebencian, berita hoax, dan mengkritik pemerintah merupakan pelanggaran hukum,” ujar Novyaldi.

Selain itu, kata Novyaldi, perlu juga diwaspadai adanya doktrin-doktrin yang ditanamkan oleh kelompok radikal melalui media sosial, karena sangat berpotensi hal tersebut untuk dipengaruhi oleh paham radikal.

“Menyikapi hal tersebut, saya perintahkan kepada para pimpinan satuan agar menekankan kembali kepada seluruh anggotanya supaya lebih waspada dalam menggunakan media sosial,” katanya.

Novyaldi meningatkan, bahwa sebagai prajurit, kita harus tegak lurus satu komando yang berpedoman pada Sapta Marga, sumpah prajurit serta 8 wajib TNI, sehingga apapun yang menjadi kebijakan komando atas, harus disikapi dan dilaksanakan secara tuntas serta loyalitas yang tinggi.

“Terkait musibah bencana alam seperti halnya banjir bandang yang pernah terjadi di Masamba, dan baru-baru ini terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT), menunjukkan bahwa banjir bandang sewaktu-waktu dapat terjadi kapan dan dimana saja. Untuk itu saya minta agar seluruh Dansat, baik Kowil maupun Satpur, Banpur dan Kabalak agar menyiagakan satuannya sesuai tugas pokok masing-masing bila terjadi bencana,” pesannya.

Lanjut Dandim, demikian juga agar seluruh prajurit jajaran Kodam XIV Hasanuddin supaya tetap meningkatkan mengantisipasi bencana alam banjir di wilayah masing-masing, sehingga jika sewaktu-waktu terjadi bencana, dapat segera diatasi.

“Demikian amanat saya pada pelaksanaan upacara bendera kali ini agar dipahami, dijabarkan dan dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab masing-masing, semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian kepada negara dan bangsa yang kita cintai bersama. (Ocha/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya