BNNK Polewali Mandar Ungkap Peredaran Narkoba Jenis Sabu 350 Gram

19 April 2021 03:09
BNNK Polewali Mandar Ungkap Peredaran Narkoba Jenis Sabu 350 Gram
BNN Provinsi Sulawesi Barat gelar konferensi pers terkait penangkapan pengedar sabu oleh BNN Kabupaten Polewali Mandar dipimpin Kepala BNN Provinsi Sulbar, Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto di kantor BNN Jalan Pameran Pembangunan Kabupaten Polman. (Atjo Mappinawang/Trans89.com)
.

POLEWALI MANDAR, TRANS89.COM –┬áKepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) gelar konferensi pers terkait penangkapan pengedar sabu oleh BNN Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

Konferensi pers dipimpin langsung Kepala BNN Provinsi Sulbar, Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto di kantor BNN Jalan Pameran Pembangunan Kabupaten Polman, Sulbar, Sabtu (17/4/2021).

Hadir digiat tersebut, Kepala BNNK Polman Sabri Syam, Kepala Beacukai Pare Pare Nugroho Wigijarto, Kasdim 1402 Polman Mayor Arm Muhammad Yunus, dan Wakapolres Polman Kompol Douglas T.

Kepala BNNP Sulbar Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto menyampaikan, berawal dari informasi masyarakat tentang akan terjadinya transaksi narkotika di wilayah Polman, maka Kepala BNNK Polman memerintahkan Tim Pemberantasan BNNK untuk menindaklanjuti dan melakukan penyelidikan serta pendalaman terkait informasi tersebut.

“Dengan dilakukan pengumpulan data awal, sehingga pada Kamis 15 April 2021, sekitar pukul 15.00 WITA, tepatnya depan kantor UPPKB Jembatan timbang Jalan Poros Polman-Pinrang, Tim Pemberantasan BNNK Polman bersama dengan Personel Satlantas Polres Polman melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang dicurigai, yaitu 1 unit kendaraan roda empat jenis Toyota Avanza warna putih dengan nomor plat DC 1493 CY,” papar Sumirat.

Ia mengatakan, salah satu penumpang tersebut di ketahui merupakan residivis yang baru saja bebas dari Rutan kelas Ill Mamasa, bahkan yang bersangkutan masih dalam menjalani wajib lapor di Lapas Polman.

“Saat dilakukan razia dan pencegatan, dua orang yang berada di dalam mobil tesebut dengan inisial SN dan SBD sempat akan menerobos petugas, namun dengan kesigapan petugas, mobil tersebut bisa di hentikan,” kata Sumirat.

Menurut dia, selanjutnya tim lakukan pemeriksaan serta penggeledahan, dan dari bawah tempat duduk penumpang depan di temukan dua plastik bening yang di duga berisikan narkotika jenis sabu.

“Ssaat dilakukan pemerikasaan dan penggeledahan secara mendalam, di temukan kembali lima plastik bening yang diduga berisikan narkotika jenis sabu yang disimpan didalam termos air berwarna biru, selanjutnya ke dua orang tersebut di amankan ke kantor BNNK Polman,” tutur Sumirat.

Dirinya menjelaskan, melihat peluang dan kelengahan petugas BNNK Polman, SN mencoba untuk melarikan diri, tetapi pada saat tersangka SN berupaya melarikan diri, petugas memberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak 3 kali.

“Namun tersangka SN tidak menghiraukan, sehingga saat itu juga Tim Pemberantasan BNNK Polman mengambil langkah dengan memberikan tindakan tegas dan terukur ke tersangka SN dengan cara melumpuhkan. Kemudian tersangka tersangka SN dapat di amankan ke Kantor BNNK untuk penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut,” jelas Sumirat.

Sumirat mengungkapkan, tersangka telah melakukan pelanggaran tindak pidana sebagaimana Pasal 114 Ayat (2) Subsider Pasal 112 Ayat (2) Junto Pasal 132 Ayat (1) Undang Undang Nomor 35 tahun 2009, tentang narkotika, dengan ancaman hukumannya paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun penjara.

“Ke dua orang tersangka dengan inisial SN dan SBD telah memiliki 7 plastik narkotika jenis sabu dengan berat 350 gram. Selain narkotika jenis sabu, petugas juga menyita 2 buah Hp, 1 termos air berwarna biru dan 1 unit kendaraan Toyota Avanza warna putih,” ungkapnya. (Atjo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya