Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasangkayu Ke 18

19 April 2021 01:27
Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasangkayu Ke 18
Rapat paripurna peringatan hari jadi Kabupaten Pasangkayu ke 18 di gedung DPRD Jalan Ir Soekarno Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. (Ocha Cz/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Ketua DPRD Kabupaten Pasangkayu, Alwiaty Saal pimpin rapat paripurna peringatan hari jadi Kabupaten Pasangkayu ke 18 di gedung DPRD Jalan Ir Soekarno Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Minggu (18/4/2021).

Nampak hadir Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa, Wakil Bupati Herny Agus, Wakil Ketia DPRD Pasangkayu Arfandi Yaumil, Dandim 1427 Pasangkayu Letkol Inf Novyaldi, Kapolres Pasangkayu AKBP Leo H Siagian, Kajari Pasangkayu Muchsin, Sekda Pasangkayu Firman, para anggota DPRD dan pimpinan OPD lingkup Pemkab Pasangkayu.

Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pasangkayu ke 18 tahun 2021, diperingati secara sederhana di tengah pandemi Covid-19.

Sambutan Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa menyampaikan, perkenankan kami mengajak kepada seluruh hadirin sekalian untuk sejenak merenung atas perjuangan Komite Aksi Pembentukan Kabupaten Pasangkayu (KAPKP) selama 2 tahun, 9 hari, 9 bulan dan 7 hari atas perjalanan waktu yang telah kita lalui dan puji syukur atas rahmat taufik dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita masih diberi kekuatan, kesehatan di bulan yang penuh berkah ini menghadiri acara rapat paripurna DPRD memperingati hari jadi ke-18 Kabupaten Pasangkayu.

“Untuk menindaklanjuti ketentuan pasal 4 peraturan daerah (Perda) nomor 1 tahun 2008, tentang hari jadi Kabupaten Mamuju Utara (Pasangkayu), hari jadi Kabupaten Pasangkayu jatuh pada tanggal 18 April 2003, penetapan hari jadi ini diputuskan melalui proses pembahasan dan kajian secara historis yuridis, filosofis dan sosiologi dalam seminar,” papar Yaumil yang juga penggagas pembentukan Kabupaten Pasangkayu itu.

Menurut dia, hari jadi Kabupaten Pasangkayu tahun 2021, mengusung tema ‘Pasangkayu berkelanjutan lebih maju dan beradab’, dimana tema peringatan tersebut dapat memotivasi kita semua untuk terus melanjutkan pembangunan di berbagai sektor kehidupan yang berujung pada kemajuan pada kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pasangkayu.

“Kita semua berharap, suasana peringatan yang sangat sederhana ini tidak mengurangi kesakralan dan hikmad acara peringatan pada hari ini sebagai salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Barat di bentuk berdasarkan UU nomor 7 Tahun 2003, tentang pembentukan Kabupaten Luwu Timur dan kabupaten Pasangkayu di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang tak terasa 18 tahun Pasangkayu berdiri tegak sebagai sebuah kabupaten,” tutur Yaumil.

Ia menyatakan, 18 tahun silam muncul hasrat dan keinginan masyarakat daerah ini untuk berdiri menjadi sebuah kabupaten, keinginan tersebut mengalir seperti air deras, namun arahnya jelas menuju sebuah muara perjuangan pembentukan Kabupaten Pasangkayu.

“Terlepas dan didasari oleh niat dan keinginan masyarakat daerah ini untuk mewujudkan kemandirian menciptakan hidup dan kehidupan masyarakat yang lebih baik, gagasan dan ide awal terbentuknya Kabupaten Pasangkayu itu berawal dari perjuangan KAPKP,” ujar Yaumil.

Lanjut Bupati Yaumil, atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pasangkayu, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua dan Anggota KAPKP atas pengorbanan dan jerih payahnya selama masa waktu pembentukan kabupaten.

“Semoga niat suci saudara tetap terjaga, sehingga senantiasa bernilai ibadah di sisi-Nya,” imbuhnya. (Ocha/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya