Penambang Emas Tanpa Izin, Mahasiswa Aksi di Kantor Bupati Sarolangun

15 April 2021 04:00
Penambang Emas Tanpa Izin, Mahasiswa Aksi di Kantor Bupati Sarolangun
Gerakan Bersama Mahasiswa unjuk rasa terkait kinerja tim terpadu dalam menertibkan PETI berlangsung di kantor Bupati Sarolangun, Jambi. (Tony Wijaya/Trans89.com)
.

SAROLANGUN, TRANS89.COM – Sejumlah mahasiswa tergabung dalam Gerakan Bersama Mahasiswa (GBM) dipimpin Dedi Kurniawan dan Muhammad Amerza unjuk rasa terkait kinerja tim terpadu dalam menertibkan penambang emas tanpa izin (PETI) berlangsung di kantor Bupati Sarolangun, Jambi, Senin (12/4/2021).

Massa aksi membawa spanduk bertuliskan, kembalikan alam kami, stop rusak lingkungan.

Orasi Dedi Kurniawan mengharapkan pemerintah segera membuat regulasi daerah menyangkut pelanggaran kode etik, larangan serta sanksi tegas terhadap aparatur sipil negara (ASN) dan pejabat pemerintah daerah apabila terdapat ikut serta dalam kegiatan ilegal termasuk melakukan kegiatan PETI.

“Seharusnya pemerintah daerah segera menindak lanjuti persoalan wilayah pertambangan rakyat (WPR) dan izin pertambangan rakyat (IPR) di Kabupaten Sarolangun,” harap Dedi.

Menurut dia, hal itu tak lain, sehingga aktivitas masyarakat di hulu sungai Limun dan sungai Batang Asai diatur sesuai dengan aturan WPR dan IPR.

“Kami meminta tim terpadu dapat menyikapi tuntutan kami, agar kedepan kegiatan masyarakat dapat terkontrol dengan baik,” tutur Dedi.

Ia menuntut pemerintah segera menindak lanjuti persoalan WPR dan IPR serta mengeluarkan regulasi terkait ASN dan penjabat daerah apabila ada ikut serta dalam kegiatan ilegal.

“Meminta pemerintah dan aparat penegak hukum untuk melibatkan mahasiswa dalam pembentukan pengawasan WPR dan IPR,” pinta Dedi.

Massa aksi diterima Asisten I Pemkab Sarolangun Arif Ampera didampingi Wakapolres Sarolangun Kompol Ayani, Kapolsek Sarolangun AKP Sumarno Berutu, Danramil 04 Sarolangun diwakili Serma Agus Sulaiman, Kepala Badan Kesbangpol Sarolangun Hudri.

Ketua Gerakan Bersama Mahasiswa M Amerza mengatakan, masalah IPR yang akan di bentuk oleh Tim Terpadu diharapkan di proses secepatnya.

“Kami mahasiswa sangat mengharapkan keterlibatan di dalam Tim Terpadu tersebut,” katanya.

Kartini GBM Indah Ws menyatakan, apakah di Sarolangun ini penyelenggara pemerintah sudah sesuai mekanisme dan UU yang berlaku.

“Solusi yang kami harapkan dan tindak lanjut atas tuntutan kami dari pemerintah Sarolangun,” ujarnya.

Ronal menyatakan, persoalan ini merupakan hal yang dilematis bagi semua pihak, sebab menyangkut hajat hidup orang banyak.

“Ditengah himpitan ekonomi dan anjloknya harga komoditi perkebunan karet selama ini yang menjadi andalan pencarian masyarakat, dan hal ini membutuhkan kajian serta pertimbangan khusus dari Tim Terpadu Kabupaten Sarolangun,” ujarnya

Tanggapan Asisten 1 Pemkab Sarolangun, Arif Ampera berharap masyarakat ikut bersama-bersam memberantas PETI ini dan Tim Terpadu sangat berharap sekali dukungan dari semua pihak agar persoalan ini segera terselesaikan.

“Untuk semua perizinan masalah pertambangan dan lingkungan hidup sudah berada di kewenangan pemerintah pusat,” urai Arif.

Ia menjelaskan, kita akan tetap mengusulkan ke pemerintah pusat terkait perizinan IPR atau WPR tersebut.

“Kita akan berdiskusi kembali dan duduk bersama dan akan kita tetapkan waktu yang tepat agar kita bisa berkumpul bersama Forkopimda. Selanjutnya Kesbangpol akan mengatur jadwal dan akan kita undang semua pihak yang terkait,” jelas Arif.

Wakapolres Sarolangun, Kompol Ayani ucapkan terimakasih atas diskusi pada hari ini yang cara penyampaian dari adik-adik mahasiswa sangat baik.

“Dalam pelaksanaan aksi adik-adik dapat berjalan dengan baik tanpa menggangu kamtibmas,” ucapnya.

Kepala Badan Kesbangpol Sarolangun, Hudri mengatakan, selama ini Pemda Sarolangun tidak tinggal diam, tetap melakukan penertiban dan tetap turun kelokasi dalam kegiatan penertiban terutama dalam pengawasan lingkungan dan pemberantasan masalah PETI.

“Kita akan berdiskusi kembali bersama Forkopimda untuk waktu dan tempat nanti akan diberitahukan,” imbuhnya. (Tony/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya