Pelayaran Perdana KM Dharma Kencana Rute Paciran Lamongan-Gorongkong Barru

11 April 2021 08:36
Pelayaran Perdana KM Dharma Kencana Rute Paciran Lamongan-Gorongkong Barru
Bupati Barru Suardi Saleh launching pelayaran perdana pertama KM Darma Kencana berlangsung di pelabuhan Andi Matalatta, Garongkong di Mangempang Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. (Andri S/Trans89.com)
.

BARRU, TRANS89.COM – Bupati Barru Suardi Saleh launching pelayaran perdana pertama Kapal Motor (KM) Darma Kencana berlangsung di pelabuhan Andi Matalatta, Garongkong di Mangempang Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (10/4/2021).

Hadir digiat tersebut, Ketua PKK Barru yang juga anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem Hasnah Syam Mars, Wakil Bupati Barru Aska Mappe, Sekda Kabupaten Barru Abustan, Wakapolres Barru, Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Barru Ansar.

Kadis Perhubungan Barru, Ansar mengatakan kegiatan ini sedianya dilaksanakan awal tahun 2021, karena sesuatu hal hari ini baru dilaksanakan launching pelayaran perdana.

Manajer PT DLU Cabang Makassar mewakili Direktur Utama (Dirut) Dharma Dwipa Utama, Budiono mengatakan hari ini adalah kegiatan peresmian pelayaran perdana KM Dharma Kencana.

“Perusahaan kami mendapatkan amanah dari pemerintah untuk merintis pelayaran rute Paciran Lamongan-Gorongkong Barru,” kata Budiono.

Ia melaporkan kapasitas kapal ini bisa memuat sampai 575 orang, truk sekitar 50 unit dan kendaraan pribadi 65 unit.

“Adapun panjang kapal 88,8 meter, lebar 18,8 meter, dan jumlah daya tampung penumpang sekitar 595 orang dan jumlah kendaraan sekitar 50 truk, dan mobil kecil atau pribadi sekitar 65, dan kru kapal sekitar 47 orang,” .
e) Sisi keamanan kapal ini memenuhi standar keamanan nasional dan internasionalujar Budiono.

Budiono mengunkapkan, untuk rute Paciran-Garongkong ini seminggu sekali dengan estimasi waktu 40 hingga 48 jam.

“Dengan kehadiran kapal ini dapat mempermudah pendistribusian barang dan kedepan kapal ini akan dibuka rute Garongkong-Pulau Kalimantan,” ungkapnya

Bupati Barru, Suardi Saleh ucapkan syukur Alhamdulillah atas nikmat kesehatan yang diberikan Allah kepada kita semua, dimana masa pandemi Covid-19 saat ini adalah kesehatan sangat berharga nilainya.

“Terima kasih karena KM Dharma Kencana menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Povid-19,” ucap Suardi.

Lanjut Bupati, ijin pengoperasian KM Dharma kencana sudah ada pada tahun 2009 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan makin banyaknya angkutan laut yang beroperasi di Barru, akan berdampak pada perekonomian masyarakat Barru sendiri.

“Tidak lama lagi kawasan pelabuhan Garongkong akan menjadi kawasan industri. Dengan ucapan Bismillah pengoperasian KM Dharma Kencana dinyatakan diresmikan,” imbuhnya. (Andri/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya