Pelantikan Pengurus KSPSI Kota Balikpapan Masa Bakti Periode 2021-2025

11 April 2021 07:58
Pelantikan Pengurus KSPSI Kota Balikpapan Masa Bakti Periode 2021-2025
Pelantikan DPC Konfederasi KSPSI Kota Balikpapan masa bakti periode 2021-2025 berlangsung di Royal Suite Hotel Jalan Syarifuddin Yoes Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. (Dody/Trans89.com)
.

BALIKPAPAN, TRANS89.COM – Pelantikan Ketua dan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kota Balikpapan masa bakti periode 2021-2025 dengan tema, satukan visi dan misi dalam mewujudkan pemakaian tenaga kerja lokal, berlangsung di Royal Suite Hotel Jalan Syarifuddin Yoes Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (10/4/2021) malam.

Hadir digiat tersebut, Walikota Balikpapan M Rizal Effendi, Ketua DPD KSPSI Provinsi Kaltim Amir P Ali, Pasiren Kodim 0905 Balikpapan Mayor Czi Eko Miyanto, Kasat Intelkam Polresta Balikpapan Kompol Sarbini, Anggota DPRD Kota Balikpapan Iwan Wahyudi, Disnaker Kota Balikpapan Johansyah, Dewan Pembina DPC KSPSI Balikpapan Karmin Laonggeng, Ketua DPC KSPSI Balikpapan Alfian Nur Aszari.

Sambutan Walikota Balikpapan, M Rizal Effendi mengatakan, pekerja merupakan mitra pengusaha yang sangat penting dalam proses produksi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya, menjamin kelangsungan perusahaan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Balikpapan pada umumnya.

“Kehadiran serikat pekerja merupakan sarana untuk memperjuangkan kepentingan pekerja dan haruslah memiliki rasa tanggungjawab atas kelangsungan perusahaan begitu pula sebaliknya. Pengusaha harus memperlakukan pekerja sebagai mitra sesuai harkat dan martabat kemanusiaan,” kata Rizal.

Menurut dia, keberadaan serikat pekerja mutlak dibutuhkan oleh pekerja. Sebagai organisasi yang dibentuk dari dan untuk pekerja, keberadaannya diharapkan dapat mewujudkan hak berserikat dengan maksimal, terutama dalam memperjuangkan, melindungi dan membela kepentingan serta meningkatkan kesejahteraan pekerja juga keluarganya.

“Kemitraan antara dunia usaha dengan dunia perburuhan yang berjalan baik, sehat dan harmonis akan mendorong tumbuhnya dunia usaha dan meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja,” tutur Rizal.

Ia menyatakan, pada tataran yang lebih luas lagi, dunia usaha tumbuh akan tercipta lebih banyak lapangan pekerjaan, ekonomi tumbuh dan manfaatnya tentu dirasakan oleh seluruh komponen masyarakat.

“Setiap unsur dunia usaha mempunyai peran menciptakan pertumbuhan ekonomi yang stabil guna mendukung kelancaran produktivitas usaha. Untuk itu, pekerja, serikat pekerja atau buruh dan perusahaan dituntut untuk menjalin dan membina kemitraan yang harmonis.

“Disamping itu, para pekerja sebagai unsur terpenting dalam dunia usaha harus bekerja secara baik dan profesional. Memang tidak dipungkiri, seiring perjalanan waktu hubungan antara pekerja dan dunia usaha kadang muncul perbedaan, sehingga menimbulkan gejolak ketenagakerjaan,” ujar Rizal.

Oleh karena itu, kata Walikota, setiap menghadapi persoalan, hendaknya lebih mengedepankan komunikasi atau dialog.

“Perjuangan para buruh dalam memperjuangkan aspirasi dan hak-haknya akan lebih efektif apabila dilakukan melalui dialog untuk mencari solusi yang menguntungkan semua pihak,” katanya.

Dirinya menjelaskan, gejolak ketenagakerjaan harus kita hindarkan, agar kinerja ekonomi di daerah terus tumbuh, dunia usaha berkembang dan kesejahteraan buruh meningkat.

“Apabila kondisi ini dapat kita pelihara dengan baik, ini berarti kita bersama-sama membangun win-win solution, karena dunia usaha dapat menunaikan coorporate social responsibility (CSR) yang dirasakan juga manfaatnya oleh masyarakat luas.

“Perlu juga saya sampaikan agar para pengurus dan seluruh anggota serikat pekerjaatau buruh untuk selalu memahami Undang-Undang (UU) ketenagakerjaan. Karena dengan memahami perundang-undangan yang ada, para pengurus dan anggota serikat pekerja bisa lebih mudah menyikapi masalah yang dihadapi,” jelas Rizal.

Ketua DPC KSPSI Balikpapan, Alfian Nur Aszari berharap kepada rekan-rekan para pengurus lainnya maupun anggota pengurus lainnya, kedepan senantiasa bekerjasama dan selalu solid serta kompak secara kebersamaan dengan rasa solidaritas sesama pengurus KSPSI.

“Hal itu tak lain dalam rangka mempertahankan, memperjuangkan, membela hak-hak para pekerja, buruh bisa terlaksana sebagaimana mestinya tentunya berpedoman pada UU dan hukum yang berlaku di Indonesia,” harap Alfian.

Alafian menerangkan, kemudian harapan berikutnya terhadap para pengurus betul-betul bisa bekerjasama untuk mewujudkan terutama apa yang menjadi tema kita pada malam hari ini adalah satukan visi dan misi dalam mewujudkan pemakaian tenaga kerja lokal.

“Apa yang telah disampaikan Bapak Walikota Balikpapan menyampaikan informasi yang mana nantinya proyek RDMP Pertamina membutuhkan sekitar 4.000 tenga kerja lokal dan wancan terbentuknya Ibu Kota Negara (IKN),” terangnya.

Lanjut Alfian, pada kesempatan malam hari ini sebagai suatu pedoman kita dalam mewujudkan apa yang menjadi harapan para pekerja calon tenaga kerja di Balikpapan betul-betul bisa menjadi pekerja serta bisa diberdayakan di Kota Balikpapan.

“Dengan akhir kata saya mengharapkan kepada pengurus periode 2021-2025 ini betul-betul bisa memegang komitmen dan bisa menjaga nama baik, bukan hanya sekedar pajang nama, memakai baju kebesaran KSPSI, tetapi berbuatlah untuk kepentingan para pekerja dan buruh yang ada di Kota Balikpapan,” imbuhnya.

Susunan Kepengurusan DPC KSPSI Kota Balikpapan Periode 2021-2025, Dewan Penasehat Karmin Laonggeng, Andi Burhanuddin Solong, Rendy S Ismail, Seokerso Sastrowidodo, Prihadi Ismulyanto, Muhammad.

Dewan Pengurus, Ketua Alfian Nur Aszari, Wakil Ketua I Ramli T Hasan, Wakil Ketua II Syarif Syamsul, Wakil Ketua III Rabbana, Wakil Ketua IV Andi Husain Mappasossong, Wakil Ketua V Rudi Tuwaidan, Wakil Ketua VI Jefri Nainggolan.

Sekretaris Mudahirin, Wakil Sekretaris I Agus Purwanto, Wakil Sekretaris II Zainuddin, Wakil Sekretaris III Agustina, Wakil Sekretaris IV Elita Rusdiana Rachman, Wakil Sekretaris V Indra Yani, Wakil Sekretaris VI A M Fahri Arsal.

Bendahara R Setyo Nugroho, Wakil Bendahara I Sugiono, Wakil Bendahara II Hadi Purnomo, dan Wakil Bendahara III Eka Dwi Susanti. (Dody/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya