Pasca Gempa Malang, Menteri Sosial Kunjungi dan Berikan Bantuan Ke Warga Terdampak Bencana di Lumajang

11 April 2021 09:44
Pasca Gempa Malang, Menteri Sosial Kunjungi dan Berikan Bantuan Ke Warga Terdampak Bencana di Lumajang
Gempa magnitudo 6,7 yang berpusat di laut selatan Malang menyebabkan kerusakan dan Menteri Sosial Tri Risma Harini meninjau lokasi terdampak bencana alam gempa bumi didampingi Bupati Lumajang, Thoriqul Haq di Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (Adhitya Wijaya/Trans89.com)
.

LUMAJANG, TRANS89.COM – Gempa magnitudo 6,7 yang berpusat di laut selatan Malang menyebabkan kerusakan pada Sabtu 10 April 2021, menyebabkan sejumlah rumah warga rusak termasuk di Kabupaten Lumajang.

Menteri Sosial Tri Risma Harini meninjau lokasi terdampak bencana alam gempa bumi didampingi Bupati Lumajang, Thoriqul Haq di Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), Minggu (11/4/2021) dini hari.

Nampak hadir di kunjungan Menteris Sosial (Mensos) Tri Rimsa yakni Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf Andi Andriyanto Wibowo, Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, Danyon 527 Baladibya Yudha Letkol Inf Alexander Tarangta PA, Kepala Dinas Sosial Lumajang Dewi Susianti, Kabid Penanganan Bencana BPBD Lumajang Joko Sambang.

Mensos Tris Risma beserta rombongan melihat langsung wilayah terdampak gempa bumi di Dusun Halimu Desa Kaliuling Lumajang dan dilanjutkan meninjau rumah warga.

Mensos meminta Bupati Lumajang agar berkoordinasi dengan TNI/Polri untuk bersiaga di titik bencana.

“Saya mohon kami diberi saran terkait tempat yang representatif untuk pembuatan posko,” katab Risma.

Ia menyatakan, akan men dirikan posko dan dapur umum, dan akan berkordinasi dengan Dandim untuk memetakan rumah yang terdapampak bencana.

“Mensos akan mendukung tenda untuk posko pengungsian. Kita cari lahan kosong untuk tempat pengungsian warga yang terdampak gempa,” ujar Risma.

Menurut dia, sebaiknya memang kita diluar rumah, karena rumah dibawah tebing tidak memungkinkan untuk ditinggali saat ini, dan kami akan sampaikan ke Presiden terkait pembangunan rumah yang rusak.

“Untuk saat ini apa yang bisa diselamatkan harus diselamatkan, dan orangnya agar segera mengungsi atau pindah di lapangan. Besok akan segera saya dukung perlengkapan di pengungsian. Saya minta dihitungakan daerah yang datar nanti saya akan kordinasi dengan PUPR, karena dampak gempa sangat berat,” tutur Risma.

Ia juga memminta kepada Bupati Lumajang untuk melihat kondisi diseputaran lokasi bencana untuk di data para korban yang terdampak agar mudah dalam mendistribusikan bantuan.

“Sepanjang pulau Jawa sampai dengan NTT merupakan patahan lempengan bumi, sehingga kita wajib siaga. Setelah ini, pihak terkait segera dirikan dapur umum di seputaran Balai Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari ini,” terang Risma.

Mensos juga memberikan bantuan sembako berupa mie instan 200 dos, minyak goreng 15 dos, beras kemasan 25 kg sebanyak 20 sak, telur 500 rak, susu bear brand 1 dos, dan roti regal 6 dos

Sementara Bupati Lumajang, Thoriqul Haq berika arahan ke organisasi perangkat daerah (OPD) terkait berharap pada momen kali ini kita harus bersinergi dalam hal penanganan bencal gempa bumi yang terjadi di wilayah kita.

“Kami menunjuk Bapak Dandim 0821 Lumajang sebagai koordinator penanganan bantuan. Untuk Bapak Kapolres sebagai koordinator lapangan penanganan bencal gempa bumi yang terjadi di wilayah kita,” katanya.

Lanjut Thoriqul, mari kita bersama-sama bekerja dengan penuh semangat pada penangan bencana ini agar kehidupan masyarakat kembali normal.

“Malam ini kita istirahat dan mulai besok pagi kita action dalam penanganan bencana gempa ini,” imbuhnya. (Adhitya/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya