Mahasiswa Angkatan 2020 Universitas Swadaya Gunung Jati Angkatan 2020 Desak Dilaksnakannya Inagurasi

10 April 2021 01:10
Mahasiswa Angkatan 2020 Universitas Swadaya Gunung Jati Angkatan 2020 Desak Dilaksnakannya Inagurasi
Perwakilan mahasiswa angkatan 2020 unjuk rasa terkait tidak adanya inagurasi sebagai rangkaian kegiatan PKKMB Unswagati, berlangsung di halaman Kampus 1 Universitas Swadaya Gunung Jati Jalan Pemuda Kota Cirebon, Jawa Barat. (Dani Setiawan/Trans89.com)
.

CIREBON, TRANS89.COM – Sejumlah perwakilan mahasiswa angkatan 2020 unjuk rasa terkait tidak adanya inagurasi (pelantikan) sebagai rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati).

Aksi dipimpin Kibo berlangsung di halaman Kampus 1 Universitas Swadaya Gunung Jati Jalan Pemuda Kota Cirebon, Jawa Barat (Jabar), Jumat (9/4/2021).

Massa aksi membawa spanduk bertuliskan, mahasiswa 2020 menggugat, inagurasi di kebiri, kampus ini disegel.

Dalam aksinya, massa membentuk lingkaran di halaman kampus dengan membakar ban serta menyampaikan orasi.

Kibo mengatakan, mahasiswa harus peka terhadap berbagai permasalahan di lingkunganya, salah satunya ketidakjelasan inagurasi yang biayanya sudah kita bayar.

“Kami menuntut transparansi informasi penjadwalan dan pelaksanaan inagurasi kepada Rektor Unswagati,” kata Kibo.

Kibo meminta segera dilaksanakannya inagurasi angkatan 2020, berkaca dengan keadaan dan waktu kegiatan ini sudah terabaikan teramat lama karena mendekati tingkat 2, sehingga menjadi urgen ketika sudah berada ditingkat 2, maka esensi dari inagirurasi tersebut tidak dapat dirasakan.

“Kami menuntut transparasi informasi baik itu sosialisasi ataupun penjadwalan inagurasi,” pintanya.

Mahasiswa pengunjuk rasa ditemui Rektor Unswagati, Mukarto Siswoyo dengan tanggapan, untuk pelaksanaan inagurasi menunggu momen yang tepat.

“Mengenai biaya yang sudah dibayarkan, itu tidak berkurang sepeserpun,” ujar Mukarto.

Lanjut Mukarto, penyampaian informasi disampaikan secara berjenjang dari bidang 3 dan disosialisasikan oleh organisasi kemahasiswaan.

“Apabila ada permasalahan hendaknya di komunikasikan dan dilakukan audiensi serta tidak perlu adanya aksi unjuk rasa,” imbuhnya.

Massa aksi membubarkan diri setelah terjadi kesepakatan yang intinya pelaksanaan inagurasi akan dilaksanakan setelah lebaran. (Dani/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya