KASAD dan Dandim 1427 Pasangkayu Tegaskan Penerimaan Catam TNI AD Gratis

09 April 2021 17:52
KASAD dan Dandim 1427 Pasangkayu Tegaskan Penerimaan Catam TNI AD Gratis
Dandim 1427 Pasangkayu Letkol Inf Novialdi ikuti vicon KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa kepada orang tua Catam PK TNI AD, berlangsung di aula Makodim Jalan Dewi Sartika Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. (Pendim 1427 Pasangkayu)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Dandim 1427 Pasangkayu Letkol Inf Novialdi ikuti video conference (Vicon) Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa kepada orang tua Calon Tamtama (Catam) Prajurit Karir (PK) TNI Angkatan Darat (AD) tahun ajaran 2021.

Vicon KASAD diikuti para orang tua Catam PK TNI AD tersebut berlangsung di aula Makodim Jalan Dewi Sartika Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat (9/4/2021).

Arahan KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa yang dilihat dan didengar langsung oleh orang tua Catam melalui Vicon, dalam tahap penerimaan calon Tamtama PK TNI AD tahun ajaran 2021 tidak dipungut biaya.

“Bilamana ada oknum yang memanfaatkan rekruitmen pencalonan Tamtama ini, maka bisa segera melaporkan kepada pihak yang berwenang terkait kegiatan Catam tahun ajaran 2021,” tegas KASAD Andika dalam keterangan tertulisnya.

Menurut dia, selain itu, dalam proses penerimaan calon prajurit, calon diharuskan memenuhi syarat-syarat yang tertera di dalam wap rekruitment TNI AD Tamtama administrasi.

“Jika administrasi telah memenuhi persyaratan yang sesuai, maka selanjutnya para calon tamtama akan mengikuti beberapa tahap seleksi yang diantaranya kesehatan, kesegaran jasmani, akademik mental ideologi, psychotest dan pantohir,” tutur Andika.

Ia menyatakan, apabila semua pentahapan selesai dilaksanakan, maka para calon yang memenuhi persyaratan selanjutnya.

“Jika semua tahapan persyaratan selesai, para para catam akan mengikuti pendidikan di Resimen Induk Daerah Militer (Rindam),” ujar Jenderal Andika.

Sementara Dandim 1427 Pasangkayu, Letkol Inf Novyaldi saat berikan arahan para orangtua catam PK tahun ajaran 2021, terkait apa yang disampaikan oleh Kasad bahwa untuk menjadi anggota TNI tidak dipungut biaya.

“Akan tetapi perlu adanya persiapan kesehatan fisik bagi anak-anak sebelum mendaftarkan diri menjadi anggota TNI. Untuk itu perlu dilakukannya cek kesehatan bina fisiknya, belajar dan berlatih,” terang Dandim Novyaldi.

Dirinya mengingatkan agar para orang tua Catam hanya mempercayakan pendaftaran ini kepada tim panitia, jangan percaya kepada orang lain yang memberikan janji-janji untuk meluluskan apalagi harus dengan mengeluarkan uang.

“Saya yakin, apabila anak bapak atau ibu lulus di terima, itu karena anak bapak dan ibu sendiri yang telah menguasai apa yang harus dilakukannya. Jika ada permainan terkait pendaftaran kelulusan, ada baiknya segera laporkan saja,” pesan Novyaldi.

Lanjut Dandim, kalau ada permainan yang mengiming-imingi kelulusan anak kita, sebaiknya segera dilaporkan.

“Terkait kelulusan, semua itu tergantung rezeki kita masing-masing, ada baiknya kita percayakan saja semuanya kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Semoga Tuhan yang Maha Kuasa meridhoi niat baik anak-anak kita,” imbuhnya. (Nis)

 

 

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya