Operasi Yustisi Penertiban Masker di Cilincing Jakarta Utara, 21 Pelanggar Prokes

06 April 2021 01:31
Operasi Yustisi Penertiban Masker di Cilincing Jakarta Utara, 21 Pelanggar Prokes
Kasatgas Satpol PP Kelurahan Semper Timur, M Syamsu pimpin operasi yustisi penertiban masker di Jalan Raya Sungai Landak, Cilincing, Jakarta Utara. (Irvan Akmal/Trans89.com)
.

JAKARTA, TRANS89.COM – Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kelurahan Semper Timur, M Syamsu pimpin operasi yustisi penertiban masker di Jalan Raya Sungai Landak, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (5/4/2021).

Kasatgas Satpol PP Kelurahan Semper Timur, M Syamsu mengatakan, operasi penertiban masker ini berdasarkan Peraturan daerah (Perda) nomor 2 tahun 2020, tentang Penanggulangan Covid-19, dan kami dibantu dari aparat kepolisian.

“Selain itu, operasi ini juga berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta nomor 3 tahun 2021, tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi Fase II, dan Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta nomor 1.295 tahun 2021 dalam penanganan Covid-19,” kata Syamsu.

Menurut dia, tehnik operasi yustisi penertiban masker ini dengan memberikan sanksi sosial bagi pelanggar yang tidak mentaati protokol kesehatan (prokes) Covid-19 terutama bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker.

“Bagi warga yang melanggar prokes terutam yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas, diberikan sanksi denda administrasi,” tutur Syamsu.

Lanjut Syamsu, hasil operasi yustisi penertiban masker ini, sebanyak 21 orang pelanggar.

“Untuk sosial 18 pelanggar, sanksi denda 3 pelanggar dengan nilai denda Rp150.000/orang. Dengan dilaksanakannya operasi yustisi ini, diharapakan masyarakat dapat lebih sadar dalam memutus penyebaran Covid-19,” imbuhnya. (Irvan/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya