Dugaan Kekerasan Wartawan di Surabaya, AJI Desak Usut Tuntas Pelakunya

06 April 2021 01:28
Dugaan Kekerasan Wartawan di Surabaya, AJI Desak Usut Tuntas Pelakunya
Jurnalis Tempo diduga mendapat tindak kekerasan di Kota Surabaya, AJI aksi di Patung Kuda Indosat, Gambir, Jakarta Pusat. (Bagus Prasetyo/Trans89.com)
.

JAKARTA, TRANS89.COM – Jurnalis Tempo atas nama Nurhadi diduga mendapat tindak kekerasan saat sedang melaksanakan tugas jurnalistik pada Sabtu 27 Maret 2021 di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Atas kejadian tersebut, sejumlah wartawan tergabung dalam Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) dipimpin Abdul Somad aksi di Patung Kuda Indosat, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (5/4/2021).

Massa aksi membawa poster bertuliskan, lawan tindakan biadab aparat terhadap Jurnalis, Nurhadi di sekat, di pukul di jeroyy karena meliput korupsi. Pewarta bukan penjahat, tindak aparat brutal, pembangkang UU Pers. Jurnalis bekerja untuk publik. Publik lindungi jurnalis.

Orasi Abdul Somad mengatakan, kami dari Aliansi Jurnalis Independen, dimana jurnalis Tempo atas nama Nuradi diduag diperlakukan kasar di Kota Surabaya.

“Kami meminta Kapolri agar memproses secara hukum dan segera usut sampai ke pengadilan,” kata Somad.

Ia menuntut Presiden Joko Widodo dan Kapolri untuk memproses oknum Polri yang ada di Kota Surabaya karena diduga menganiaya saudara Nuradi.

“Kekerasan jurnalis ancaman demokrasi, pakai hati jangan benci,” terang Somad.

Lanjut Somad, kepada Bapak Kapolri, segera usut tuntas atas dugaan kekerasan terhadap jurnalis Tempo atas nama Nurhadi di Kota Surabaya.

“Tangkap dan adili oknum pemukul Nurhadi, dan negara jangan loyo usut tuntas sampai ke akar-akarnya,” imbuhnya. (Bagus/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya