Dandim 1427 Pasangkayu Bacakan Amanat Pangdam XIV Hasanuddin Saat Upacara Bendera

05 April 2021 10:37
Dandim 1427 Pasangkayu Bacakan Amanat Pangdam XIV Hasanuddin Saat Upacara Bendera
Salah satu rutinitas personil Kodim 1427 Pasangkayu setiap Hari Senin dengan mengikuti upacara bendera berlangsung di Makodim Jalan Dewi Sartika Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. (Ocha Cz/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Salah satu rutinitas personil Kodim 1427 Pasangkayu setiap Hari Senin dengan mengikuti upacara bendera berlangsung di Makodim Jalan Dewi Sartika Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar).

Upacara bendera kali ini sekaligus menindaklanjuti amanat Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno.

Amanat Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno dibacakan Dandim 1427 Pasangkayu, Letkol Inf Novyaldi meminta kepada para Kepala Badan Pelaksana/Komandan Satuan (Kabalak/Dansat) agar menyiapkan personelnya yang terpanggil mengikuti pendidikan, termasuk kesiapan keluarganya selama ditinggal pendidikan.

“Pada minggu kedua bulan ini, akan dilaksanakan pendataan berupa pemeriksaan kesehatan, penelitian personel (Litper) dan pendataan hasil tes kesegaran jasmani (Garjas) periodik kedua tahun 2020 bagi personel yang akan diusulkan mengikuti Dikbangspes Perwira dan Bintara tahun 2021,” pinta Novyaldi.

Menurut dia, agar personel yang diusulkan dari masing-masing satuan adalah personel yang benar-benar memenuhi syarat, sehingga alokasi pendidikan dapat terpenuhi berdasarkan surat perintah Pangdam XIV Hasanuddin nomor sprint/163/III/2021, tanggal 30 Maret 2021.

“Sprint Pangdam tersebut tentang penempatan dalam jabatan/kesatuan baru prabinsa, khususnya bagi kecabangan Bintara Administrasi (Bamin), agar para Dansat Kowil menindaklanjuti dan secara bertahap semua prabinsa akan ditempatkan di satuan operasional sesuai kecabangan masing-masing,” tutur Novyaldi.

Ia menjelaskan, untuk bidang logistik, terkait dengan adanya revisi anggaran pada daftar isian pelaksana anggara (DIPA) Satuan Kerja (Satker) khususnya bidang logistik tahun 2021, maka ditekankan kepada seluruh satuan jajaran Kodam XIV Hasanuddin agar mempedomani revisi anggaran DIPA Satker daerah tahun 2021 untuk penyerapan anggaran, khususnya di bidang logistik.

“Begitu pula dengan adanya aset tanah dan bangunan BMN di jajaran Kodam XIV Hasanuddin yang terlanjur dikerjasamakan dengan pihak lain dan tidak sesuai dengan ketentuan, maka dalam rangka tertib administrasi pemanfaatan aset tersebut, para Dansat/Kabalak agar segera mengajukan permohonan izin pemanfaatan aset BMN kepada Pangdam XIV Hasanuddin untuk diteruskan kepada Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) sampai Kementerian Keuangan (Kemenkeu),” jelas Novyaldi.

Dirinya menyatakan, pada bidang teritorial, mengingat perkembangan cuaca di wilayah Kodam XIV Hasanuddin akhir-akhir ini sangat dinamis perubahannya yang tidak tertutup kemungkinan akan terjadinya bencana alam.

“Saya minta seluruh Dansat Kowil agar cepat tanggap dan menyiapkan kelengkapan yang ada guna menyikapi terhadap setiap perkembangan situasi dalam mengantisipasi bencana alam yang dapat terjadi kapan dan dimana saja,” ujar Novyaldi.

Dandim menyampaikan, untuk bidang perencanaan, seperti kita ketahui bersama pada Triwulan I tahun 2021, banyak kegiatan Progjagar yang terhenti dan tidak dilaksanakan akibat adanya proses revisi anggaran.

“Dengan selesainya proses revisi anggaran, saya minta seluruh Satker agar segera melakukan penyerapan anggaran sesuai rencana penarikan dana (RPD) masing-masing, sehingga daya serap anggaran dapat tercapai secara maksimal,” paparnya

Lanjut Dandim, para peserta upacara yang kami cintai dan banggakan, demikian amanat ini.

“Marilah kita memohon semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita semua dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai bersama,” pungkasnya. (Ocha/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya