Banjir Akibat Curah Hujan Tinggi Bersamaan Air Pasang di Sabu Raijua

05 April 2021 02:50
Banjir Akibat Curah Hujan Tinggi Bersamaan Air Pasang di Sabu Raijua
Curah hujan tinggi diwilayah Kabupaten Sabu Raijua akibatkan banjir dibeberapa lokasi menyebabkan rumah dan sawah serta perkantoran terendam banjir di Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur. (A Wisesa/Trans89.com)
.

SABU RAIJUA, TRANS89.COM – Curah hujan tinggi diwilayah Kabupaten Sabu Raijua akibatkan banjir dibeberapa lokasi dengan ketinggian air 50 centimeter (cm) hingga 1 meter, menyebabkan rumah dan sawah serta perkantoran terendam banjir di Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (3/4/2021).

Adapun desa terendam banjir di Kabupaten Sabu Raijua, yakni Desa Tenihau, Desa Tulaika, Desa Ledemanu, Desa Ledeana semuany berada diwilayah Kecamatan Sabu Barat.

Informasi dihimpun dilapangan, pada hari Jumat 2 April 2021 malam sekitar pukul 23.00 WIT, hujan mulai turun secara merata diwilayah Kabupaten Sabu Raijua dengan intensitas yang tinggi. Keesokan harinya, Sabtu 3 April 2021, curah hujan semakin tinggi.

Sekitar pukul 07.10 WIT, airsetinggi 50 cm hingga 1 meter menngenangi beberapa wilayah Kabupaten Sabu Raijua seperti di Kecamatan Tenihau, Seba, Ledeana dan Sabu Barat dimana merupakan daerah yang berada di bantaran sungai dan pesisir pantai.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, sementara kerugian materi, barang-barang dan perabotan rumahtangga terendam air.

Sementara tanam padi milik warga yang akan segera di panen pada bulan Juni mendatang ikut terendam air banjir. Pukul 12.31 WIT, air sudah mulai surut, sementara curah hujan mulai reda.

Selain curah hujan tinggi, bersamaan dengan air laut yang pasang, sehingga saluran air tidak mampu menampung air akibatkan meluap dan merendam rumah masyarakat.

Pihak BPBD Kabupaten Sabu Raijua sat ini laksanakan pendataan bagi masyarakat yang mengalami bencana banjir. Dan sebahagian masyarakat laksanakan pembersihan rumahnya yang terendam banjir termasuk membersihka saluran air agar tidak tersumbat. (Wisesa/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya