Himpunan Mahasiswa Buru Jakarta Aksi di Pintu Monas, Ini Tuntutannya

03 April 2021 00:41
Himpunan Mahasiswa Buru Jakarta Aksi di Pintu Monas, Ini Tuntutannya
.

JAKARTA, TRANS89.COM –  Sejumlah mahasiswa tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Buru (HMB) Jakarta dipimpim Jainal Labalawa unjuk rasa depan pintu Monas Barat Daya, Gambir, Jakarta Pusat,  Selasa (30/3/2021).

Massa aksi membawa spanduk bertuliskan, Kapolres dan Dandim Namlea Pulau Biru) tipu Presiden, legalkan tambang Gunung Botak.

Orasi Jainal Labalawa mengatakan, tambang Gunung botak yang sudah dilegalkan oleh oknum pejabat daerah banyak menimbulkan masalah lingkungan.

‘Dugaan tambang emas ilegal banyak terjadi Gunung Botak Kabupaten Buru,” kata Jainal.

Ia meminta tegakkan hukum seadil-adilnya. Mendesak Mabes Polri perintahkan Kapolda Maluku dan Pangdam Patimmura copot Kapolres dan Dandim Pulau Buru.

“Kami mendesak Mabes Polri segera perintahkan Polda Maluku untuk melakukan penangkapan pembeli emas illegal di Pulau Buru yang telah merugikan negara puluhan miliar,” pinta Jainal.

Dirinya juga mendesak segera proses anggota pospam yang diduga telah melakukan pembiaran dan ikut menikmati tambang ilegal.

“Kami mendesak Presiden Joko Widodo agar menegur Gubernur Maluku yang lalai dan tidak konsisten mengurus tambang rakyat, sehingga negara dirugikan miliaran rupiah,” tegas Jainal.

Lanjut Jainal, kami dari HMB Jakarta menuntut pemerintah pusat atau Presiden Joko Widodo segera menetapkan Gunung Botak sebagai tambang rakyat.

“Hal itu tak lain agar masyarakat Pulau Buru tidak kerja ilegal dan tidak terjerat hukum,” imbuhnya. (Irvan/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya