Diduga Terjadi Kekerasan Wartawan di Surabaya, Jurnalis Probolinggo Mengutuk Kejadian Tersebut

31 March 2021 02:14
Diduga Terjadi Kekerasan Wartawan di Surabaya, Jurnalis Probolinggo Mengutuk Kejadian Tersebut
Puluhan Jurnalis Probolinggo gelar aksi solidaritas atas kasus dugaan kekerasan yang dialami wartawan Tempo, berlangsung di Tugu Simpang Dua Jalan Jenderal Sudirman, Kota Probolinggo, Jawa Timur. (Adhitya Wijaya/Trans89.com)
.

PROBOLINGGO, TRANS89.COM – Puluhan Jurnalis Probolinggo (Jispro) gelar aksi solidaritas atas kasus dugaan kekerasan yang dialami wartawan Tempo di Gedung Graha Samudera Bumimoro Kompleks Kodiklatal Kota Surabaya.

Aksi damai dipimpin Farid Fahlevi (Wartawan JTV) berlangsung di Tugu Simpang Dua Jalan Jenderal Sudirman, Kota Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), Selasa (30/3/2021).

Massa aksi membawa spanduk dan poster bertuliskan, stop kekerasan terhadap jurnalis. Ada Menteri datang, diundang atau tidak kami tetap liputan. Wanine kok cuma karo wartawan. Terjadi lagi kekerasan terhadap wartawan.

Orasi Ketua Jispro, Ramadhona mengatakan, telah terjadi aksi kekerasan lagi oleh wartawan ketika sedang menjalankan liputan, yang mana kejadian tersebut menimpa kepada saudara kami Nurhadi jurnalis Tempo saat sedang melakukan liputan.

“Kami berharap kepada pihak kepolisian agar mengusut tuntas kasus ini, karena apabila hal ini dibiarkan saja, maka kebebasan pers akan mati,” kata Romadhona.

Ia menyatakan, saat sebelum terjadinya aksi kekerasan, korban sempat dibuntuti oleh oknum yang diduga aparat, dan pada saat mengambil gambar, dua orang oknum melakukan aksi kekerasan kepada Nurhadi.

“Kami wartawan Probolinggo mengutuk keras aksi tersebut, karena telah melukai hati wartawan seluruh Indonesia,” ujar Romadhona.

Lanjut Romadhona, kami wartawan Probolinggo menolak keras aksi kekerasan terhadap siapapun, apalagi seorang wartawan yang sedang lakukan tugas jurnalis.

“Kepada yang terhormat para aparat keamanan dan penegak hukum jangan pernah sekalipun melecehkan tugas peliputan, karena pekerjaan kami adalah pekerjaan yang mulia,” imbuhnya. (Adhitya/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya