Banjir Bandang Terjang Desa Beka di Sigi

28 March 2021 01:54
Banjir Bandang Terjang Desa Beka di Sigi
Curah hujan di wilayah Kabupaten Sigi akibatkan kembalinya banjir bandang dengan meluapnya air sungai Pondo hingga ke Jalan Poros Palu-Bangga serta pemukiman warga Dusun II dan III Desa Beka, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. (Aripin/Trans89.com)
.

SIGI, TRANS89.COM – Curah hujan di wilayah Kabupaten Sigi akibatkan kembalinya banjir bandang dengan meluapnya air sungai Pondo hingga ke Jalan Poros Palu-Bangga serta pemukiman warga Dusun II dan III Desa Beka, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat (25/3/2021).

Dari informasi yang dihimpun di lapangan, kronologis kejadian banjir bandang tersebut, sekitar pukul 17.15 WWITA, terjadi hujan dengan intensitas sedang secara terus menerus di wilayah Kabupaten Sigi.

Sungai Pondo sebutan warga setempat merupakan sungai yang sudah lama kering, apabila intensitas hujan tinggi dapat menimbulkan banjir dengan membawa material lumpur, pasir bebatuan dan kayu.

Pukul 21.15 WITA, akibat dari hujan yang intensitas sedang secara terus menerus di hulu sungai Pondo, akibatkan banjir bandang sehingga air sungai Pondo meluap naik ke badan Jalan Poros Palu-Bangga membawa material lumpur dan pasir serta bebatuan juga kayu ke pemukiman rumah milik warga.

Babinsa Desa Beka, Sertu Farid bersama para Babinsa lainnya mengimbau ke warga agar lebih waspada dikarenakan pada saat ini musim penghujan.

“Kami imbau warga tetap waspada, karena saat ini musim penghujan. Mari kita bergotong royong membantu mengamankan barang milik warga akibat terjangan banjir bandang ini,” imbau Farid.

Pukul 22.15 WITA, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi tiba di lokasi banjir. Dan hngga pukul 23.57 WITA, debit air sungai Pondo berangsur surut.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian banjir bandang itu, sementara sekira 50 kepala keluarga (KK) rumahnya terdampak banjir bandang. (Aripin/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya