500 Ratus Tahun Kerjasama Tidore Dengan Spanyol Ditandai Pengukuhan Dubes Spanyol Tamu Kehormatan Tomalou

28 March 2021 02:24
500 Ratus Tahun Kerjasama Tidore Dengan Spanyol Ditandai Pengukuhan Dubes Spanyol Tamu Kehormatan Tomalou
Duta Besar Spanyol untuk Indonesia, Mr Jose Maria Matres Manso kunjungan sekaligus dikukuhkan sebagai tamu kehormatan keluarga besar masyarakat Tomalou, berlangsung dihalaman parkir Masjid Agung Nurul Bahar Tomalou, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. (Arthur Gj/Trans89.com)
.

TIDORE KEPULAUAN, TRAND89.COM – Duta Besar (Dubes) Spanyol untuk Indonesia, Mr Jose Maria Matres Manso kunjungan sekaligus dikukuhkan sebagai tamu kehormatan keluarga besar masyarakat Tomalou, berlangsung dihalaman parkir Masjid Agung Nurul Bahar Tomalou, Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut), Jumat (26/3/2021) malam.

Hadir digiat tersebut, Gubernur Maluku Utara Abd Gani Kasuba, Walikota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim, Sekprov Malut Samsudin Abd Kadir, Dandim 1505 Tidore Letkol Inf Bunzamin Jayatri, Kapolres Tikep AKBP Yohanes Jalung Siram, perwakilan Portugal/Charge D’affaires of Portugal Mr Emanuel Bernardes Joaquim, Deputy Head of Ission Ms Maria Prada González.

Selanjutnya, Defense Attaché Colonel Antonio Alvaro González, His Wife Mis Maria, Economic Counsellor Mis Aitana Araceli Miguez Cillero, Consul Mr Manuel De La Iglesia Anglada, Interior Attaché Mr Alberto Benavente Garcia Tudela, Economic Attaché Mr Raúl Merchán Fernández, Head of Aula Cervantes Mr Javier Serrano Avilés, penerjemah bahasa Fazrin Ismail dan Ida Bagus Putu Brahmanta.

Sambutan Ketua Pemuda Tomalou, Abdullah Dahlan ucapkan terima kasih atas kunjungan Dubes Spanyol di Tomalou, dan ini merupakan momen bersejarah dimana malam ini sebagai kegiatan pengukuhan Duta Besar Spanyol sebagi tamu kehormatan warga masyarakat Tomalou.

“Kegiatan ini sebagai wujud ikatan persaudaraan yang tidak terlepas dari tiga kali Dubes Spanyol melaksanakan kunjungan di Kelurahan Tomalou,” ucap Dahlan.

Menurut dia, acara malam ini merupakan momentum yang menandai bahwa Kota Tidore Kepulauan akan melaksanakan suatu kegiatan penyambutan kapal latih Spanyol Juan Sebastian De’elcano.

“Kami meminta Dubes Spanyol membantu memfasilitasi program diberbagai bidang kelautan dan pelatihan generasi muda berprestasi di Kota Tikep, khususnya di Kelurahan Tomalou ini. Trima kasih kepada Gubernur, Walikota dan pihak Kesultanan Tidore yang selalu mendukung dan memberikan semangat pemuda Tomalou,” tutur Dahlan.

Walikota Tidore Kepulauan, Capt Ali Ibrahim ucapkan terima kasih kepada Forkopimda dan warga masyarakat Kota Tikep yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan pada malam ini.

“Malam ini kita laksanakan salah satu kegiatan yaitu pengukuhan Duta Besar Spanyol sebagai tamu kehormatan sebagi warga Kelurahan Tomalou,” ujar Ali.

Kata Ali, atas nama Pemkot Tikep mengapresiasi kegiatan malam ini kepada Dubes Spanyol sebagai warga kehormatan ditengah masyarakat Tomalou.

“Ini sebagai wujud bahwa warga masyarakat Kota Tidore Kepulauan mencintai perbedaan serta berharap dengan adanya kegiatan ini suasana kekeluargaan dapat berlanjut hingga digenerasi muda kita,” katanya.

Ia menyampaikan, kita akan kedatangan kapal Juan Sebastian De’elcano dimana ditandai sebagai kegiatan pra Sail Tidore Kepulauan tahun 2021.

“Semoga kegiatan ini menjadi bukti dan sejarah kearifan lokal untuk generasi anak cucu kita kedepan,” papar Ali.

Gubernur Maluku Utara, Abd Gani Kasuba ucapkan terima kasih kepada pemuda Kelurahan Tomalou yang telah menggagas kegiatan pengukuhan dan mengangkat Gubernur Malut sebagai sesepuh masyarakat Tomalou.

“Kegiatan ini sebagai momen silahturahmi antara Dubes Spanyol bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Malut dan Pemerintah Kota (Pemkot) Tikep, sekaligus kita akan melaksanakan suatu momentum napak tilas memperingati 500 tahun berjalan kapal Juan Sebastian De’elcano. Adanya kegiatan ini dapat terjalin ikatan persaudaraan kita dan menjadi cerita sejarah terhadap generasi muda kita dan lebih khususnya masyarakat Kota Tikep,” ujar Gani.

Duta Besar Spanyol, Mr Jose Maria Matres Manso mengatakan, ini merupakan kunjungan yang ke tiga kalinya di Kelurahan Tomalou, dan merasa terharu atas diangkatnya sebagai tamu kehormatan di Tomalou.

“Ucapan rasa syukur dan merasa terhormat sebagai tamu kehormatan di Kelurahan Tomalou, ini nantinya akan menjadi bukti dan cerita bagi anak cucu kita semua,” kata Jose.

Ia memastikan kedepannya, dengan adanya kegiatan ini akan melaksanakan kerjasama dengan Pemprov Malut lebih khususnya Pemkot Tikep, seperti kerjasama Negara Spanyol 500 tahun lalu yang ditandai dengan kedatangan kapal Juan Sebastian De’elcano.

“Termasuk kerjasama dibidang olahraga akan membantu Pemkot Tikep utk mengirim putra daerah yang berprestasi dibidang olahraga sepak bola uuntuk berlatih di Spanyol,” terang Jose.

Dirinya mengungkapkan, esok hari kita akan menyaksikan kedatangan kapal Juan Sebastian De’elcano, karena Tidore merupakan daerah yang memiliki ikatan kerjasama pada 500 tahun yang lalu.

“Ucapan terima kasih kepada Pemkot Tidore Kepulauan dan masyarakat Kota Tikep yang telah menerima kunjungan Dubes Spanyol di Kota Tidore Kepulauan,” ungkap Jose.

Selanjutnya pengukuhan Dubes Spanyol sebagai warga kehormatan masyarakat Tomalou dan pengukuhan Gubernur Malut sebagai sesepuh masyarakat Tomalou dan pengukuhan Walikota Tikep sebagai warga kehormatan masyarakat Tomalou.

Dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Dubes Spanyol Mr Jose Maria Matres Manso berupa pengukuhan Dubes Spanyol sebagai warga kehormatan masyarakat Tomalou yang di abadikan sebagai nama jalan di Kelurahan Tomalou.

Kemudian pemberian Bendera Spanyol oleh Dubes Spanyol kepada perwakilan masyarakat Tomalou dan pemberian miniatur kapal Magelhaens D’Elcano oleh perwakilan masyarakat Tomalou kepada Dubes Spanyol. Dan penyerahan buku Sang Nahkoda oleh Walikota Tikep kepada perwakilan masyarakat Tomalou. (Arthur/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya