GMNI Majene Gelar Konfrercab Ke III

24 March 2021 16:23
GMNI Majene Gelar Konfrercab Ke III
DPC GMNI Majene gelar Konfercab ke 3 dirangkai dengan dies natalis GMNI 67, berlangsung di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. )Sarwo Kartika Roni/Trans89.com)
.

MAJENE, TRANS89.COM – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Majene gelar Konferensi Cabang (Konfercab) ke 3 dirangkai dengan dies natalis GMNI 67 dengan tema, ‘regenerasi pemimpin yang transformatif dan revolusioner dalam menghadapi tantangan zaman’.

Giat Konfercab DPC GMNI Majene ke 3 dengan tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes) berlangsung di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (23/3/2021).

Giat diawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, lagu Marsdan Hymne GMNI dihadiri Sekretaris Bidang Ideologi dan Intelektual Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GMNI Muid, Ketua DPD GMNI Sulbar Bayu, Ketua DPC GMNI Polman Sarman, Ketua DPC GMNI Mamuj, Kareteker Ketua DPC GMNI Mamasa Rihardes, mewakili Bupati Majene Hustamin, Ketua KNPI Majene Rizal, mewakili Kapolres majene Majene Mustafa, Ketua PA GMNI Sulbar Yusril, berbagai organisasi seperti Cipayung, OKP dan lain sebagainya.

Ketua DPD GMNI Sulbar, Bayu apresiasi DPC GMNI Majene yang di bentuk beberapa tahun yang lalu dan sudah masuk ke konfercab ke 3, dimana itu adalah sebuah pencapaian yang besar. Dan semoga konfercab ini melahirkan kepemimpinan yang mampu mengawal isu-isu kerakyatan yang tetap berdiri kokoh.

“GMNI adalah sebuah wadah lahirnya kader nasionalis, kader GMNI harus lebih aktif dan inovatif di era 4.0 untuk lakukan sebuah gerakan transformatif dalam pengawalan isu, dan apapun dinamika-dinamika internal yang terjadi harus kita hilangkan ketika berbicara kepentingan rakyat,” ujar Bayu.

DPP GMNI, Muid ceritakan sejarah GMNI yang pada tanggal 23 Maret dies natalis ke 67, dimana GMNI lahir dari hasil proses peleburan 3 organisasi kemahasiswaan yang memiliki kesamaan azas yakni Marhaenisme ajaran Bung Karno.

“Ketiga organisasi tersebut Gerakan Mahasiswa Marhaenis (GMM) yang berpusat di Jogjakarta, Gerakan Mahasiswa Merdeka (GMM) yang berpusat di Surabaya, Gerakan Mahasiswa Demokrat Indonesia (GMDI) yang berpusat di Jakarta,” cerita Muid.

Lanjut Muid, lalu muncul inisiatif GMDI untuk melakukan fungsi terhadap ketiga organisasi yang se-azas itu dalam satu wadah, diman keinginan ini kemudian disampaikan kepada pimpinan kedua organisasi yang lain.

“Hal itu ternyata mendapat respon positif dengan dukungan dari Bung Karno pada tanggal 23 Maret 1954 dilangsungkan Kongres I GMNI di Surabaya. Momentum inilah yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi (dies natalis) GMNI,” terangnya.

Ia menyampaikan, konfercab adalah cara bagaimana cabang ini mentransformasikan regenerasinya menyiapkan seluruh kader-kadernya untuk melanjutkan kepemimpinan, dimana pada masa kepemimpinan Ono, GMNI Majene telah melakukan banyak hal.

“Seperti ikut andil dalam kegiatan sosial, serta ikut andil memberikan gagasan kepada permerintah daerah untuk Majene kedepan,” papar Muid.

Sementara perwakilan Pemkab Majene, Hustamin mengatakan, konfercab adalah salah satu wahana yang paling efektif yang mempersiapkan generasi yang akan datang sesuai dengan tema regenerasi pemimpin yang transpormatif dan revolusioner dimana dua kata penting ini adalah kata kunci menuju kompetitif dan professional dalam kepemimpinan.

“Majene adalah pusat pelayanan pendidikan, dan itu bukan hanya tugas pemerintah saja, tapi tugas seluruh elemen terutama generasi muda dan menjadi harapan pada konferensi ini untuk melahirkan pemikiran bagaimana seharusnya Majene kedepan,” katanya.

Pemotongan Nasi Tumpeng

Pembukaan secara resmi konfercab ke 3 oleh DPP GMNI Bung Muid dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng Sebagai bentuk rasa syukur perayaan dies natalis GMNI ke 67 yang dilakukan secara dari Perwakilan Pemda Kabupaten Majene, Ketua PA GMNI Sulbar, DPP GMNI, DPD GMNI Sulbar dan DPC GMNI se-Sulbar, sebagai penutup acara ada beberapa penampilan dari kader GMNI Majene yaitu pembacaan puisi dan orasi. (Sarwo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya