Bupati Pasangkayu Buka STQ dan Hadis Nabi Ke IX Tingkat Kabupaten, Yaumil: Belajar Tadabburi Al-Quran Sesuai Ajaran Rasulullah

24 March 2021 02:31
Bupati Pasangkayu Buka STQ dan Hadis Nabi Ke IX Tingkat Kabupaten, Yaumil: Belajar Tadabburi Al-Quran Sesuai Ajaran Rasulullah
Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa menabuh Bedug pertanda dibukanya Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis Nabi ke IX tingkat Kabupaten Pasangkayu, berlangsung di aula Masjid Al-Madaniah, Jalan Ir Soekarno, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. (Aspar Sapto/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) dan Hadis Nabi ke IX tingkat Kabupaten Pasangkayu, berlangsung di aula Masjid Al-Madaniah, Jalan Ir Soekarno, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (22/3/2020) malam.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid -19 dengan membatasi orang datang dan menerapkan 3M.

Sambutan Ketua Panitia STQ yang juga Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dan Bina Mental Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pasangkayu, Murfin Djamaluddin, mengatakan pelaksanaan STQ dan Hadits Nabi dimulai tanggal 22 hingga 26 Maret 202.

“Kegiatan ini setiap harinya berlangsung dari pukul 08.00 hingga 23.00 WITA, dengan tempat penyelenggaraaannya berada di tiga titik, yakni Masjid Al-Madaniah, Masjid Istiqlal BTN Pemda Pasangkayu dan Masjid Nurul Iman Pasangkayu,” kata Murfin.

Ia menjelaskan, peserta yang mengikuti STQ dan Hadits Nabi yang ke 9 ini berasal dari 12 kecamatan, dengan jumlah peserta sebanyak 159 orang, mengikuti cabang lomba tilawah Al-qur’an, Hifzil Qur’an, tafsir Al-qur’an, hafalan 100 hadis.

“Peserta dari Kecamatan Sarjo sebanyak 16 orang, Bambaira 12 orang, Bambalamotu 10 orang, Pasangkayu 15 orang, Pedongga 12 orang, Tikke Raya 13 orang, Lariang 12 orang, Bulutaba 15 orang, Baras 12 orang, Sarudu 14 orang, Dapurang 14 orang, dan Duripoku 13 orang peserta,” jelas Murfin.

Menurut dia, tujuan dilaksanakannya STQ dan Hadits Nabi untuk membina dan mencari kader-kader yang baik akan mewakili Kabupaten Pasangkayu pada STQ dan Hadits Nabi ditingkat provinsi dan nasional.

“Ini menjadi motivasi untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan Al-Qur’an, meningkatkan ukhuwah Islamiah, melestarikan seni dan budaya baca Alquran bagi masyarakat Pasangkayu,” tutur Murfin.

Dirinya menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan dengan anggaran yang dibebankan dari APBD Pasangkayu tahun 2021.

“Pelaksanaan STQ ini kami mengangkat tema, melalui STQ dan Hadits Nabi ke 9 tingkat Kabupaten Pasangkayu kita tingkatkan insan Smart (sejahterah, mandiri dan bermartabat),” sebut Murfin.

Sementara Bupati Yaumil ucapkan salam dan selamat datang kepada para undangan, para perwakilan kafilah dari 12 kecamatan di kota Kabupaten Pasangkayu.

“Saya menyampaikan kepada kita semua, STQ yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali ini sudah merupakan program pemerintah, dan wajib mengalokasikan anggaran, sehingga kami berharap kiranya dalam pelaksanaan STQ dan Hadits Nabi yang ke 9 ini dapat bermanfaat sebagaimana yang diharapkan,” ucap Yaumil yang juga Ketua Partai Golkar Pasangkayu itu.

Yaumil menyatakan, momentum pelaksanaan STQ ke 9 ini melahirakan generasi-generasi Qurani khususnya di Kabupaten pasangkayu, dan ini semua bisa terwujud ada ditangan para dewan hakim, agar dalam memberikan penilaian kepada peserta yang tampil, dapat mencapai hasil yang memuaskan.

“Diharapkan mampu dilakukan secara seobyektif mungkin, penuh kejujuran yang tinggi, sebagaimana yang telah diamanahkan kepada saudara-saudara, karena ini akan dipertanggungjawabkan, baik pada diri sendiri, kepada peserta, terlebih-lebih kepada Allah SWT sebagai hakim Yang Maha Adil,” ujarnya.

Bupati mengungkapkan, kita ingin ada kemajuan dan peningkatan pada anak-anak kita, dan ini akan menjadi pekerjaan rumah kami (Bupati), dan tentunya sebagai bupati terpilih akan berpikir agar bisa mencetak generasi-generasi muda khususnya penghafal Al-Quran.

“Saya selaku Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pasangkayu yang baru kurang lebih 20 hari aktif dalam menjalankan roda pemerintahan tentunya berharap, jangan jadikan kegiatan STQ ini hanya sekedar menjadi program rutinitas pemerintah, tetapi lebih dari itu, dengan dapat memberikan makna dan warna pada sendi kehidupan kita belajar untuk mentadabburi Al-Qur’an sesuai ajaran Rasulullah SAW dengan menjadikannya sebagai petunjuk dalam kehidupan kita,” ungkapnya.

Hadir digiat tersebut, Dandim 1427 Pasangkayu Letkol Inf Novyaldi, Kajari Pasangkayu Muchsin, Kepala Kemenag Pasangkayu Mustafa Tangngali, Kasat Binmas Polres Pasangkayu AKP Sukaryono, para Asisten dan Kepala OPD serta Camat se-Kabupaten Pasangkayu. (Par/Nis)

 

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya