Bupati Mamuju Buka STQH Ke XXVI Tingkat Kabupaten

23 March 2021 18:01
Bupati Mamuju Buka STQH Ke XXVI Tingkat Kabupaten
Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi buka STQH ke XXVI tingkat Kabupaten Mamuju, berlangsung di Rumah Adat Mamuju Jalan KS Tubun, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. (Sarwo Kartika Roni/Trans89.com)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi buka kegiatan Seleksi Tilawatil Qurqan dan Hadis Nabi (STQH) ke XXVI tingkat Kabupaten Mamuju.

Tema STQH kali ini, ‘kita lestarikan khasanah budaya Islam dan membangun generasi Qurani dalam menyambut Mamuju Keren (kreatif, edukatif, ramah, energik dan nyaman’, berlangsung di Rumah Adat Mamuju Jalan KS Tubun, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (22/3/2021) malam.

Hadir digiat tersebut, Wakil Bupati Mamuju Ado Mas’ud, Sekda Mamuju Suaib, Kepala Kemenag Mamuju Syamsuhri Halim, Kapolresta Mamuju Kombes Iskandar, Pasi Pers Kodim 1418 Mamuju Kapten Inf Muktar.

Sambuatan Kepala Kemenag Mamuju, Syamsuhri Halim mengatakan kKegiatan STQH sangat perlu di lakukan untuk generasi muda, dan kegiatan agama ini sangat perlu dilaksanakan, Kementerian Agama (Kemenag) merupakan mitra pemerintah yang juga perlu di tingkatkan.

“Kemenag dan kantor Kemenag akan selalu siap mendukung pemerintah di bidang agama, agar kita tidak mengambil pemuda dari daerah lain, tapi kita bisa melahirkan para pemuda yang mendalami baca tulis Alquran. Kemenag juga sudah membuat TPA di daerah daerah terpencil, kami akan mendukung pemerintah dalam mewujudkan Mamuju Keren,” katanya.

Bupati Sutinah ucapkan atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju mengapresiasi dan terimakasih kepada segenap panitia dan semua unsur yang telah membantu atas kegiatan syiar agama Islam berupa STQH yang mampu kita laksanakan di tengah kondisi daerah masih berupaya bangkit pasca bencana gempa bumi serta pandemi Covid-19.

“Saya menilai kegiatan yang mengangkat tema, kita lestarikan khasanah budaya Islam dan membangun generasi Qur’ani dalam menyambut Mamuju Keren, ini telah sejalan dengan target pemerintah daerah (pemda) yang tertuang dalam visi-misi Mamuju Keren,” ucap Sutinah.

Menurut dia, visi misi Mamuju Keren berupa penjabaran salah satu misi dalam bentuk penguatan kondisi sosial masyarakat dengan mengedepankan pendekatan agama budaya serta kearifan lokal.

“Secara konkrit, penguatan sektor keagamaan telah pula tercakup dalam sasaran kerja pemerintah daerah melalui patron visi misi Mamuju Keren,” tutur Sutina.

Ia menyatakan, Insyah Allah ke depan kita akan membuat satu desa satu rumah Tahfidz yang ditargetkan tiap desa akan mampu melahirkan sepuluh santri yang akan terkonsentrasi menjadi Hafidz dan Hafidza ataun Qari dan Qoriah, tergantung pada penguatan dan bimbingan dari masing masing rumah tahfidz yang dibentuk dengan melibatkan aparat desa dan partisipasi masyarakat.

“Ini tentu adalah hal yang baik. Olehnya itu, lewat kesempatan ini saya juga berharap dukungan dan doa dari kita semua, agar kami mampu melaksanakan agenda ini demi Mamuju yang lebih Keren di waktu mendatang,” ujar Sutian.

Bupati menjelaskan, terlepas dari itu, kami juga ingin menyampaikan selamat bertanding bagi semua peserta dari tiap kecamatan, junjung tinggi sportifitas dan persaudaraan, terlebih para peserta saya meminta agar semua asli sumber daya lokal, bukan pemain bayaran

“Olehnya itu, saya sangat optimis dengan kompetisi STQH kali ini kita akan mampu melahirkan generasi yang membanggakan daerah Kabupaten Mamuju di level yang lebih tinggi dan kepada Dewan Juri serta para hakim mohon menjaga netralitas dan untuk tetap profesionalisme, karena di tangan anda semua warga mamuju akan berharap generasi emas para Qori dan Qoriah, hafidz dan hafidzah maupun penghafal Alquran dan Hadits yang benar-benar Keren akan dilahirkan,” jelasnya.

Kegiatan STQH ke XXVI tingkat Kabupaten Mamuju 2021 dilaksanakan dari tanggal 22 hingga 25 Maret 2021. (Sarwo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya